Bersinergi dalam Menjaga Marwah CA Gunung Nyiut

Senin, 21 Januari 2019

Landak, 15 Januari 2018. Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Landak di Ngabang, Balai KSDA Kalimantan Barat bersama Yayasan Planet Indonesia (YPI) berkesempatan bertemu dan berkoordinasi terkait pengelolaan CA Gunung Nyiut dengan Bupati Landak, dr.Karolin Margaret Natasa.

Ibu Bupati menyambut baik kehadiran BKSDA dan YPI yang membawa visi misi pengelolaan Cagar Alam Gunung Nyiut melalui pemberdayaan masyarakat di sekitar daerah penyangga CA Gunung Nyiut. CA Gunung Nyiut merupakan salah satu kawasan konservasi yang berada di tiga wilayah administratif, yaitu Kabupaten Landak, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan ini, Ibu Bupati berpesan agar kita dapat mewujudkan bersama-sama pemerataan pembangunan pada masyarakat sekitar kawasan hutan konservasi tanpa mengesampingkan konservasi itu sendiri. “Bersinergi dengan banyak pihak adalah kunci keberhasilan dalam pengelolaan kawasan dan saat ini kita harus benar-benar memperhatikan masyarakat yang ada di perbatasan kawasan hutan”, sambung beliau.

Pada pertemuan ini, disampaikan program-program kerjasama antara BKSDA dengan YPI terkait pengelolaan CA Gunung Nyiut dengan melibatkan masyarakat sekitar kawasan. Mempromosikan dan mengangkat kearifan lokal berlandaskan keuntungan lestari melalui Pelayanan Usaha Masyarakat Konservasi (PUMK) untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap CA Gunung Nyiut.

Dalam waktu dekat Ibu bupati juga akan mengagendakan kunjungan dengan mendaki CA Gunung Nyiut, beliau akan membawa youtuber dan vloger untuk mendorong pengelolaan CA Gunung Nyiut dengan konsep penelitian dan edukasi.

Menjadi catatan Ibu bupati melalui Sekretaris Daerah, semua desa-desa target PUMK akan diberikan bantuan yang dapat mendorong ekonomi masyarakat, dengan didampingi oleh BKSDA dan YPI dan program kesehatan serta literasi menjadi target beliau. Beliau juga menyarankan BKSDA dan YPI menunjuk 1 desa menjadi desa percontohan yang semua KK punya jamban sehingga kesehatan warga desanya terjaga dengan adanya sanitasi dan MCK yang baik.(YS)

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini