Pendampingan dan Monitoring Kelompok Nelayan TN Taka Bonerate

Rabu, 23 Januari 2019

Kepulauan Selayar, 23 Januari 2019. Salah satu tupoksi Balai TN Taka Bonerate (TNTBR) adalah melakukan kegiatan pemberdayaan dan pembinaan kepada masyarakat dalam kawasan. Sebagai salah satu wujud dari hal tersebut, para penyuluh Balai TNTBR melakukan kegiatan monitoring dan pendampingan rutin kepada kelompok masyarakat nelayan dan kelompok binaan Balai TNTBR di desa-desa dalam kawasan TNTBR. Kegiatan ini dimulai tanggal 15 – 21 Januari 2019.

Walaupun cuaca masih belum kondusif, tim tetap jalan dengan tetap memperhatikan pertimbangan cuaca dan keselamatan perjalan ke kawasan.

Kegiatan dimulai dari Desa Rajuni dengan melakukan rapat rutin pendampingan kelompok MDK (Masyarakat Desa Konservasi) Tau Pulo Desa Rajuni. Rapat kelompok diawal tahun ini membahas evaluasi aktivitas kelompok selama tahun 2018 dan rencana yang akan dilakukan di tahun 2019.

Salah satu poin yang dibahas adalah perlunya fasilitasi pertemuan antara kelompok MDK binaan Balai TNTBR dengan para pemilik usaha travel/perjalanan wisata yang ada di daratan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai salah satu upaya pengembangan kelompok.

Kegiatan dilanjutkan ke Desa Jinato, dengan melakukan sosialisasi Perdirjen KSDAE No P.6/KSDAE/SET/Kum.1/6/2018 tentang Kemitraan Konservasi, kepada kelompok Nelayan Pulau Mas Tarupa serta memfasilitasi penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga kelompok nelayan tersebut. Selain itu juga menegaskan komitmen kelompok-kelompok nelayan untuk memerangi illegal fishing dan destructive fishing di dalam kawasan TNTBR. Hal yang sama juga dilakukan kepada Kelompok Nelayan Pulau Mas Jinato dan Koperasi Sumber Rezeki Jinato.

Pendampingan dan monitoring kelompok juga dilakukan kepada kelompok yang telah menjalin kerjasama dengan Balai TNTBR, yaitu kelompok Forum Peduli Laut Rajuni – Latondu. Tahun 2019 adalah tahun kedua Kerjasama antara Balai TNTBR dengan Forum Peduli Laut Rajuni-Latondu. Dengan difasilitasi penyuluh Balai TNTBR, kelompok melakukan refleksi aktivitas-aktivitas yang dilakukan serta permasalahan dan dinamika yang terjadi di dalam kelompok. Selain itu Forum juga menyusun rencana untuk melakukan Musyawarah Anggota sebagaimana tercantum dalam AD/ART kelompok.

Pendampingan dan pembinaan kelompok-kelompok nelayan terus digalakkan sampai tercapai kemandirian, konservasi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat dalam kawasan TN. Taka Bonerate.

Sumber : Asep Pranajaya - Penyuluh Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini