Balai TN Matalawa Hijaukan Jalan Utama Sumba Bersama Pemda

Jumat, 11 Januari 2019

Waingapu. 11 Januari 2019. Sepanjang jalan poros utama Waingapu -Waikabubak, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah daru dan Laiwangi Wanggameti bersama dengan Instansi Pemerintah Daerah Sumba Timur menggelar acara penanaman anakan perindang jalan. Beberapa instansi yang hadir diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian dan Taman Nasional Matalawa, adapun jenis yang digunakan untuk perindang jalan merupakan jenis tanaman angsana (Pterocarpus indicu) dan  trembesi  (Albizia saman).

Upaya penanaman pohon ini merupakan kegiatan yang cukup penting dalam menyeimbangkan ekosistem yang ada di sepanjang jalan, karena selain menambah nilai estetika jalan, juga pohon mampu menyerap kandungan CO2 dan timbal yang dihasilkan asap kendaraan bermotor  sekaligus pohon mampu memproduksi oksigen sehingga udara disepanjang jalan terasa sejuk dan segar.

Rimba Bintoro S.Hut selaku koordinator pelaksanaan kegiatan penanaman perindang jalan menyebutkan, upaya ini selain dapat  menjalin silaturahmi antara Taman Nasional dengan Instansi Pemerintah daerah Sumba Timur juga merupakan upaya nyata Taman Nasional dalam menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di sepanjang ruas jalan yang menghubungkan Sumba Timur dengan Sumba Barat.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini