Paket Bantuan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Kepada Kelompok Binaan

Selasa, 01 Januari 2019

Rengat, 1 Januari 2018. Tingginya tekanan penduduk terhadap kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) menjadikan upaya pemberdayaan masyarakat sebagai hal yang wajib untuk dilakukan. Pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dengan melakukan pembinaan secara intensif terhadap kelompok masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Komoditas yang dikembangkan merupakan komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) pilihan yang bernilai ekonomis. Hal ini bertujuan agar pengelolaan kawasan berjalan secara optimal.

Adapun sasaran pemberdayaan adalah masyarakat yang berada di dalam dan di luar kawasan TNBT. Dari 2017 sampai dengan 2018 terdapat 10 (sepuluh) kelompok binaan yang telah dibina Balai TNBT secara intensif. Kelompok binaan ini tergabung dalam wadah Kelompok Tani Hutan (KTH) dimana terdapat 5 (lima) KTH beranggotakan masyarakat di zona tradisional dan 5 (lima) KTH di zona penyangga TNBT. Sebanyak 8 (delapan) kelompok berada di Seksi Pengelolaan (SPTN) Wilayah II Belilas Riau dan 2 (dua) kelompok lainnya berada di SPTN Wilayah I Jambi.

Masing-masing kelompok memiliki komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) pilihan yang bernilai ekonomis dimana pilihan ini telah melalui tahapan identifikasi potensi sumber daya ekonomi, budaya dan sosial yang dilakukan di masing-masing desa target. Komoditas yang dikembangkan di Wilayah Riau cukup seragam yaitu budidaya lebah madu jenis Trigona Sp atau Kelulut, rotan Kelukup dan pinang. Sedangkan komoditas yang dikembangkan di wilayah Jambi berbasis peternakan yaitu budidaya sapi dan kambing.

Sebagai bagian dari tahapan pembinaan kelompok, Balai TNBT telah menyerahkan bantuan kepada seluruh KTH binaan pada rentang waktu 22 sampai dengan 26 Desember 2018. Total bantuan ekonomi yang diserahkan kepada 8 (delapan) KTH binaan di wilayah Riau adalah 135 koloni Trigona Sp , 205 unit Kotak topping, 40 unit masker, 35 unit alat panen madu, botol kemasan 200 ml sebanyak 550 buah beserta 2.500 bibit rotan Kelukup dan 1.000 bibit Pinang. Sedangkan untuk KTH binaan di wilayah Jambi, bantuan yang diberikan meliputi 3 ( tiga) ekor anakan Sapi dan 43 (empat puluh tiga) ekor anakan kambing. Adapun penyerahan bantuan untuk kelompok di wilayah Jambi telah diserahkan pada November 2018.

Secara serentak pada 27 Desember 2018 dilakukan seremoni penyerahan bantuan di Kecamatan Batang Gansal dan Kecamatan Kemuning. Turut hadir Kepala Balai TNBT Darmanto, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Azmardi dan Kepala SPTN Wilayah II Belilas Lukman Hery P. Kepala Balai menyatakan agar segenap pihak terkait mengetahui kegiatan pengembangan bantuan ini dan turut membina serta mengawasi kegiatan kelompok binaan TNBT ini. Di akhir acara, setiap pihak menandatangani berkas Berita Acara Serah Terima bantuan dan foto bersama.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini