Ombak Tinggi Hancurkan Jolloro Nelayan Jinato

Kamis, 27 Desember 2018

Pulau Jinato - Taman Nasional Taka Bonerate, 27 Desember 2018. Telah terjadi musibah angin kencang dan hujan deras yang memporak-porandakan jolloro (kapal kayu) pantai timur pulau Jinato, Desa Jinato Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari (27/12). Hujan lebat dan angin kencang yang berhembus dari arah timur pulau. Menyebabkan kapal nelayan tenggelam, terdampar dan rusak berat.

"Harusnya ini musim barat namun semalam pas kejadian angin tiba-tiba berubah dari arah timur menghempas jolloro yang diparkir di pinggir pantai" jelas Ajadin Anhar Polhut Balai TN. Taka Bonerate yang lagi bertugas di pos Jinato via WhatsApp

Kejadian ini tiba-tiba ombak besar setinggi 2-3 meter dan angin bersamaan datang dari arah timur pulau yang membuat beberapa masyarakat tidak sempat menyelamatkan perahunya.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sampai saat ini teman di lapangan masih melakukan identifikasi berapa jumlah kapal nelayan yang rusak berat" ucap Faat Rudhianto kepala Balai TN. Taka Bonerate.

Kepala balai menambahkan bahwa pihak balai lagi menghimpun informasi dari semua Resor (Tarupa, Tinabo, Latondu, Rajuni dan Pasitallu) yang ada di dalam TN. Taka Bonerate dikarenakan signal juga mengalami gangguan

Sampai saat ini belum diketahui berapa jumlah perahu yang rusak dari musibah ini. Masyarakat dan petugas resort kini bahu-membahu mengevakuasi kapal-kapal yang tenggelam dan rusak.

Selain pulau Jinato beberapa pulau lain di dalam kawasan TN. Taka Bonerate juga mengalami kejadian serupa.

Sumber : Ajadin Anhar - Polhut Balai TN. Taka Bonerate
Editor : Asri - PEH Balai TN. Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini