Raksasa di belantara SM Isau-Isau

Rabu, 26 Desember 2018

Pagar Agung, 21 Desember 2018. Menyusuri belantara Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim ini selalu memberi kesan dan cerita tersendiri. Kawasan yang masuk dalam wilayah kelola Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat BKSDA Sumatera Selatan (Sumsel) ini selalu menyuguhkan kemolekan pesona alam dan atraksi satwa liar yang akan selalu memberi kejutan dan menjadi medan magnet yang selalu menarik kita untuk mengunjungi surga dunia yang terpendam di dalamnya. Selain itu situasi yang seakan-akan memamerkan bahwa SM Isau-Isau masih memiliki kekayaan flora dan fauna ini selalu mengajak siapa saja yang mendatanginya untuk lebih peduli akan keberadaan dan eksistensi kawasan tersebut.

Desa Pagar Agung, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim merupakan desa penyangga SM Isau-Isau yang sangat peduli akan kelestarian kawasan. Melalui jalur desa tersebut tersibak keindahan dan kekayaan flora yang mencerminkan betapa masyarakat Desa Pagar Agung menjaga keberadaan kawasan. Menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 2 jam menuju kawasan terasa hilang segala kelelahan dengan suguhan tegakan-tegakan raksasa menjulang tinggi seakan mencakar cakrawala. Potensi tersebut belum dilakukan identifikasi jenis dan inventarisasi potensi dikarenakan penemuan lokasi tersebut secara tidak sengaja setelah berbincang dengan masyarakat mantan pembalak dan pemburu yang menginformasikan lokasi tegakan raksasa tersebut sehingga perjalanan tak terencanapun terjadi.

Pendekatan rutin dan humanis yang dilakukan petugas Resort Konservasi Wilayah (RKW) VII Isau-Isau dalam mendampingi masyarakat Desa Pagar Agung membuahkan hasil yang mana terdapat mantan pembalak dan pemburu yang sekarang menjadi penjaga dan pelindung kawasan yang selain menjaga kelestarian kawasan juga mencegah masyarakat yang masuk kawasan dengan tujuan mencari kayu ataupun berburu satwa.

Semoga sepenggal cerita ini akan menjadi sebuah cerita tersendiri ke depannya. Keberlanjutan sebuah cerita akan keindahan potensi SM Isau-Isau yang hanya terwujud apabila kelestarian kawasan terus terjaga. Sebuah tanggung jawab bersama karena apabila kawasan konservasi tak terjaga kelestariannya maka keindahan dan segala manfaatnya hanya tinggal cerita dan hal tersebut akan menjadi torehan dosa kita terhadap anak cucu kelak.

Penulis : Wahid Nurrudin-PEH BKSDA Sumsel

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini