Saka Wanabakti Kapuas Hulu Gelar DIKSAR di Dusun Semangit Desa Leboyan Kecamatan Selimbau

Jumat, 21 Desember 2018

Putussibau, 16 November 2018. Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu mengadakan Perkemahan Pendidikan Dasar Saka Wanabakti (Diksarwana) Pramuka. Diksarwana ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 16-18 Desember 2018, di Dusun Semangit Desa Leboyan Kecamatan Selimbau. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Bakti Saka Wanabakti dan Kalpataru yang jatuh pada bulan Desember yang ditetapkan oleh Ibu Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia.

Diksarwana Pramuka ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat bakti kepada masyarakat sebagai pengalaman kode kehormatan Gerakan Pramuka, memberikan wawasan dan pengalaman anggota pramuka Satuan Karya Pramuka Wanabakti dalam hal keterampilan, tumbuh para kader, pembangunan yang sehat, memiliki jiwa kepemimpinan yang sehat, handal, tangguh dan terpercaya yang sanggup membangun jiwa dan raganya untuk kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia, menumbuhkan kesadaran disiplin dengan menjaga Lingkungan sehat dan berkualitas serta mempererat tali silahturahmi antar anggota Satuan karya pramuka Wanabakti dalam menjalin Persatuan dan Kesatuan NKRI.

Peserta Perkemahan Diksarwana Pramuka utusan Saka Wanabakti Ranting, yaitu Ranting Putussibau Selatan, Ranting Putussibau Utara, Ranting Batang Lupar dan Ranting Embaloh Hulu, utusan organisasi kepanduan lainnya yang menyatakan siap berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan dasar ke-V 2018. Materi Kegiatan Diksarwana meliputi Pembinaan Mental Spiritual, Wawasan Kebangsaan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, Persaudaraan Dan Persahabatan, Peningkatan Keterampilan serta Aksi Kepedulian Terhadap Masyarakat.

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum Arief Mahmud, pada saat menghadiri acara tersebut menyampikan bahwa Diksarwana ini merupakan ajang pembentukan calon-calon pemimpin masa depan bangsa ini. “Saya harap kegiatan ini bisa menjadi bekal untuk adik adik saka untuk nanti menjadi pemimpin yang dapat membawa negara ini ke kejayaanya di masa mendatang”, ujar Arief.

Selain itu Arief menambahkan bahwa kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan harus dipupuk sejak dini, itu bisa dimulai dari skala yang paling kecil seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah kita. “Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha Esa, disiplin dan sikap hidup tertib, meningkatkan rasa tanggung jawab dan rasa cinta terhadap kelestarian lingkungan dan kelestarian hutan, meningkatkan kematangan dan kemampuan mental, fisik, pengetahuan jiwa kepemimpinan serta kepercayaan pada diri sendiri, mempersiapkan tambahan pengetahuan, pengalaman keterampilan, dan mempererat tali persaudaraan”, imbuh Arief menutup sambutannya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini