Balai KSDA Jambi Ikuti Kajian Publik NKT

Kamis, 20 Desember 2018

Jambi, 20 Desember 2018. SKW I BKSDA Jambi mengikuti kegiatan Konsultasi Publik Kajian Nilai Konservasi Tinggi (NKT) pada Areal Potensi Calon Kemitraan PT KDA. SKW I BKSDA mengutus 2 orang personel yaitu Sdri. Desi Anggraini dan Sdr. Ridwan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan diselenggarakan oleh PT Kresna Duta Agroindo (KDA) pada tanggal 20 Desember 2018 bertempat di Hotel Cantika. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala BLH Kab. Merangin dan pemberian kata sambutan.

Sonokeling sebagai konsultan dalam penyusunan penilaian Nilai Konservasi Tinggi di areal PT KDA memaparkan beberapa hasil tinjauan. Areal calon kemitraan perkebunan kelapa sawit PT KDA terdapat di 24 desa. Penilaian NKT dilakukan selama kurang lebih 5 bulan terhitung dari September 2018 hingga Januari 2019. Penilaian NKT di areal potensi calon kemitraan PT KDA dilakukan pada areal seluas 47.155,69 Ha. Tujuan penilaian NKT yaitu untuk mengidentifikasi NKT di areal potensi calon kemitraan PT KDA, menyediakan rekomendasi pengelolaan dan pemantauan untuk memastikan kegiatan produksi di areal potensi calon kemitraan PT KDA tidak berdampak negatif terhadap NKT.

Di areal potensi calon kemitraan PT KDA ditemukan sebanyak 3 NKT antara lain NKT 1, NKT 4, dan NKT 5. Ditemukan juga satwa yang dilindungi di areal potensi calon kemitraan PT KDA seperti trenggiling dan rusa. Hasil konsultasi publik ini diharapkan bisa menjadi masukan terhadap kajian penilaian NKT pada areal potensi calon kemitraan PT KDA. BKSDA Jambi selaku pihak yang memiliki tupoksi melindungi areal konservasi dan satwa dilindungi menunggu kajian final NKT PT KDA dan menunggu pelaksanaannya di lapangan.

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini