Monitoring Bantuan Ekonomi oleh SKW I BKSDA Jambi

Rabu, 19 Desember 2018

Sarolangun, 19 Desember 2018. SKW I BKSDA Jambi melakukan monitoring dan evaluasi bantuan ekonomi kelompok tani hutan Rimba Lestari di Desa Petiduran Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun. SKW I mengutus 2 orang personel untuk melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut yaitu Penyuluh Kehutanan SKW I Sdri. Desi Anggraini dan PEH SKW I Sdr. Seto Sudarmono. Kegiatan monitoring dan evaluasi berlangsung selama 3 hari dari tanggal 17 hingga 19 Desember 2018. Kegiatan diawali dengan rapat pendahuluan antara petugas SKW I dengan anggota KTH Rimba Lestari terkait bantuan ekonomi yang sudah diberikan. Rapat dilakukan di rumah Sdr. Alpian selaku ketua dari KTH Rimba Lestari.

Bantuan ekonomi yang telah diberikan untuk KTH Rimba Lestari antara lain 2 set tenda, 100 buah kursi, bibit pohon gaharu, dan bibit pohon gambir. Tenda dan kursi dikelola oleh KTH dengan cara disewakan untuk masyarakat Desa Petiduran yang membutuhkan, terhitung sudah 6 kali tenda dan kursi disewa oleh masyarakat sejak bulan Oktober 2018. Uang hasil penyewaan tenda dan kursi dibukukan dan dibagikan untuk anggota KTH dan untuk uang kas perawatan tenda. Tenda dan kursi disimpan di dalam gudang penyimpanan milik KTH Rimba Lestari.

Bantuan bibit gaharu dan gambir dibagikan ke setiap anggota KTH dan masing masing menerima sekitar 50 bibit. Bibit ditanam oleh anggota KTH di belakang rumah, kebun plasma, dan dikebun masing masing. Sekitar 1000 bibit gaharu dan 3000 bibit gambir diberikan kepada KTH Rimba Lestari. Berdasarkan penuturan anggota KTH, rata-rata hanya 1-2 bibit saja yang mati selebihnya tumbuh semua. Petugas melihat bahwa bibit yang telah ditanami diberikan ajir dan tanda agar memudahkan anggota KTH mengontrol bibit yang hidup dan mati.

Kepala SKW I BKSDA Jambi, Udin Ikhwanuddin mengatakan “Kami sudah melakukan monitoring dan evaluasi terhadp bantuan ekonomi yang kami berikan pada KTH Rimba Lestari. Alhamdulillah pengelolaan yang dilakukan KTH Rimba Lestari cukup baik dan kami berharap itu dapat membantu kelangsungan KTH Rimba Lestari kedepannya.” 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini