SKW I BKSDA Jambi ikuti Focus Group Discussion Bungo

Rabu, 19 Desember 2018

Bungo, 19 Desember 2018. SKW I mengikuti kegiatan FGD (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan oleh Balai Besar TNKS dengan Pemerintah Kabupaten Bungo. SKW I diwakilkan oleh Kepala Resort Bungo Sdr. Ikawa untuk mengikuti kegiatan FGD. Kegiatan FGD dilakukan di Hotel Swarnabhumi Bungo dan diikuti oleh kurang lebih 50 orang peserta yang datang terdiri dari dinas terkait, kecamatan dan desa penyangga TNKS.

FGD dibuka langsung oleh Kabid Pengelolaan TNKS Wilayah I Jambi Bpk. Jaya Sumpena sekaligus memberika kata sambutan. Kegiatan FGD dibagi menjadi 2 sesi yang memaparkan materi yang berbeda, pada sesi pertama dengan narasumber yaitu Kasi SPTN Wilayah II Bungo Bpk. Itno Itoyo memaparkan materi tentang peran masyarakat dan stakeholder dalam pengelolaan TNKS di Kab. Bungo. Selanjutnya pada sesi kedua dengan narasumber yaitu FFI Kerinci Seblat Lansekap Project Sdr. Abdul Horison memaparkan materi pemberdayaan masyarakat di sekitar penyangga kawasan TNKS.

Kegiatan FGD berhasil merumuskan beberapa hal yang disepakati oleh pada peserta yang hadir. Rumusan FGD antara lain sinkronisasi program dan kegiatan dengan program pembangunan yang ada di wilayah mulai dari tingkat desa, mitra kerja maupun stakeholder. Kerjasama antara BBTNKS dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun dalam rangka memberikan penghargaan kepada desa konservasi yang berkontribusi positif. Batas kawasan TNKS dengan areal lain seperti hutan produksi dan lahan milik perlu dipertegas dengan membuat tanda batas. Balai Besar TNKS agar mensosialisasi peraturan perundangan yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan peran serta masyarakat dan stakeholder. Perlu dilakukan kajian yang mendalam terkait dengan keberadaan suku anak dalam yang menggantungkan kehidupannya pada sumber daya alam, khususnya yang berada TNKS wilayah Bungo. Perlunya sinergi pihak perguruan tinggi dalam pengelolaan kawasan konservasi dan sosialisasi tentang jenis TSL yang dilindungi di dalam kawasan TNKS dan sekitarnya.

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini