Resmikan Wisma Cinta Alam, Sekditjen KSDAE lakukan Pembinaan ASN Balai TN Rawa Aopa Watumohai

Jumat, 14 Desember 2018

Konawe Selatan, 14 Desember 2018. Sekretaris Ditjen KSDAE, Ir. Herry Subagiadi, M.Sc dalam rangka kunjungan kerja ke Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) selanjutnya adalah meresmikan Wisma Cinta alam/ Tourist Information Center dan melakukan Pembinaan Aparatur Sipil Negara terkait 10 cara baru kelola kawasan konservasi. Dalam acara peresmian tersebut yang di ditandai dengan penandatanganan prasasti ini, Sekditjen KSDAE yang di dampingi oleh Kabag Kepegawaian dan Ortala memberikan arahan – arahan terkait 10 cara baru kelola kawasan konservasi kepada seluruh ASN lingkup Balai TN Rawa Aopa Watumohai yang berjumlah 92 orang.

Beliau menuturkan dalam pengelolaan kawasan konservasi harus melibatkan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konservasi serta harus mempertimbangkan prinsip-prinsip penghormatan terhadap hak asasi manusia. “Cara baru tersebut juga sebagai upaya menemukan model kelola kawasan konservasi yang didasarkan pada nilai-nilai adat dan budaya setempat, perubahan geopolitik, serta sosial ekonomi yang terjadi di sekitar kawasan konservasi sebagai dampak dari pembangunan di berbagai bidang.

Selain melibatkan masyarakat, kepemimpinan yang kuat menjadi syarat utama menjalankan cara baru kelola kawasan konservasi dengan dukungan semua level. Mulai pusat, daerah, hingga tingkat tapak.  Untuk itu, kita akan terus membangun sinergisitas lintas sektoral sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, serta evaluasi.

Begitu pula para pihak yang bekerja sama, harus mampu menerapkan empat prinsip governance (tata kelola pemerintah), yaitu partisipasi, keterbukaan, tanggung jawab kolektif, juga akuntabilitas.

Ilmu pengetahuan dan teknologi serta sistem aplikasi Resort Based Management juga penting sebagai dasar penerapan cara baru kelola kawasan konservasi. Sebagai implementasinya, penerapan role model sebagai prototype yang dilaksanakan secara partisipatif.

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini