Menghabiskan Sehari di CA Manggis dan CA Besowo

Rabu, 12 Desember 2018

Kediri, 12 Desember 2018. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim) Nandang Prihadi ikut berpatroli ke Cagar Alam (CA) Manggis diiringi rasa penasaran dengan suksesi di bekas jalan aspal (11/12). Nandang menyaksikan langsung perubahan jalan aspal yang  kini telah dipenuhi vegetasi perintis dan semak. Pesona Amorphophallus paeniifolius si bunga bangkai di dekat pal 8 menjadi rasa penasaran selanjutnya yang secara bersamaan mucul beberapa individu, 8 individu tumbuh fase vegetatif dan 4 individu sedang mengalami fase generatif.

Meskipun sudah mulai membusuk, pesona bunga bangkai tidak berkurang. Ditambah lagi latar belakang Pohon Beringin dan Pohon Leses yang menjadi tempat peraduan ribuan Kalong raksasa. Dengan tepukan tangan dan kehadiran kami membuat Kalong Kalong bangun dari tidurnya dan menggaduhkan suasana dengan kepakan sayap dan suara berdecitnya.

Nandang melanjutkan patroli dengan memasuki kawasan menuju banir raksasa yang menopang Pohon Leses rumah Kalong dan menembus hutan melewati bekas jalan dan keluar di pal 20. Beberapa jenis Jamur mulai tumbuh subur dilantai hutan dengan bentuk dan warna yang berbeda.  Dari pal 20 menuju pal terakhir dijumpai  Pohon Flamboyan sedang berbunga dan Jambu hutan yang berbuah. Tak jauh dari pal 21, terlihat liana berduri yang menurut kearifan lokal merupakan obat penyakit perut. Liana yang bernama Ribandil itu dapat diminum airnya yang keluar dari batangnya.  Sangat menyegarkan dan cukup untuk mengobati dahaga setelah berkeliling kawasan.

Perjalanan dari CA Manggis dilanjutkan ke CA Besowo dengan tujuan melihat lahan bekas kebakaran hutan di barat kawasan. Saat ini lahan tersebut sudah menjadi areal terbuka tinggal tunggul tunggul Mahoni. Perhutani telah melaksanakan penebangan di akhir musim kemarau. Di selatan kawasan dijumpai beberapa semai Kemiri yang sengaja ditanam untuk mengamankan kawasan dari penggarap yang terlalu dekat dengan pal batas.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini