Patroli Perairan Polhut Balai TN Bukit Tigapuluh Sepanjang Sungai Gansal

Senin, 03 Desember 2018

Rengat, 3 Desember 2018. Upaya perlindungan hutan gencar dilakukan Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), salah satunya perlindungan hutan dengan patroli perairan yang dilakukan Polisi Kehutanan (Polhut) pada tanggal 26 s.d 30 November 2018 di sepanjang Sungai Gansal.

Rute patroli perairan dengan titik akhir menuju hulu Sungai Gansal dimulai dari Dusun Lemang sampai dengan Dusun Suit yang berada di zona tradisional TNBT. Dusun sasaran meliputi Dusun Nunusan, Air Bomban, Sadan dan Suit dengan masyarakat mayoritas Suku Talang Mamak dan Melayu Tua.

Tim dipimpin Lukman Hery Prasetyo, S.Hut.,M.Eng selaku Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Belilas Riau melakukan pengamanan dan perlindungan serta monitoring pembukaan lahan. Petugas juga melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait peraturan dan regulasi pemanfaatan di zona tradisional serta upaya perlindungan hutan. Tak lupa silaturahmi dengan aparat setempat, kepala dusun dan RT sepanjang pemukiman sungai gansal. Kesempatan ini juga digunakan untuk mendata perkembangan penduduk beserta aktifitas masyarakat dusun. Hal ini untuk mencegah adanya tindakan illegal yang kemungkinan belum diketahui oleh masyarakat dusun.

Petugas juga melakukan monitoring aktifitas lembaga masyarakat non profit (LSM), instusi lainnya maupun perorangan di dalam kawasan TNBT. Hasil pemantauan aktifitas pihak mitra atau institusi lainnya banyakanya kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Utusan Dewan Dakwah Indonesia bertempat di Masjid Air Bomban, adanya kegiatan pengobatan untuk masyarakat dari Dusun Bengayauan sampai dengan Dusun Suit yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat PLN Rayon Rengat serta kegiatan mengajar anak SD dari utusan dompet Dhuafa di Dusun Nunusan.

Dari hasil wawancara dengan pihak mitra, bahwasanya kegiatan yang telah dilakukan telah sesuai dengan peraturan dan memiliki Surat Ijin Memasuki Kawasan Konservasi. Berdasarkan hasil patroli di sepanjang Sungai Gansal dan pengamatan di sekeliling dusun sasaran tidak ditemukan aktivitas ilegal yang dilakukan oleh masyarakat dusun. Hal ini dimungkinkan karena kegiatan kemitraan konservasi mulai berkembang dengan sasaran masyarakat Dusun Sadan, Air Bomban dan Nunusan, sehingga masyarakat mulai menjadi subjek dalam pengelolaan zona tradisional.

Sungai Gansal berada di Daerah Aliran Sungai Indragiri yang membelah sebagian besar kawasan hutan TNBT di wilayah Riau yang berhulu di Dusun Datai. Berada di Resort Siambul, Seksi Pengelolaan Wilayah Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Belilas Riau. Secara administratif lokasi ini berada di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu Riau.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini