Undang Motivator Lingkungan, Balai TN Bali Barat Fokus ke Sampah

Senin, 03 Desember 2018

Gilimanuk, 1 Desember 2018. Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) mendatangkan fasilitator dan motivator lingkungan dari Pemerintah Kota Surabaya untuk melatih para kader lingkungan peduli sampah TNBB bertempat di kantor Balai TNBB di Gilimanuk. Adi Chandra, S.Si, M.Si, adalah fasilitator dan motivator lingkungan yang sehari-hari bertugas di Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, Kota Surabaya. Dipilihnya fasilitator dan motivator lingkungan dari Surabaya karena dipandang kota Surabaya sudah berhasil mewujudkan pengelolaan lingkungan yang sangat baik dan menyabet banyak penghargaan baik nasional maupun internasional.

Peserta dilatih untuk menjadi kader lingkungan yang diharapkan bisa menginisiasi kegiatan peduli lingkungan khususnya permasalahan sampah di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kepala Balai TNBB yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU), Wiryawan S.Hut, M.Ec.Dev. dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kegiatan ini dan meminta personil yang telah dilatih untuk menularkan ilmu dan keterampilannya kepada anggota masyarakat lain di sekitar lingkungan mereka. Unsur masyarakat yang diundang sebagai perserta sebanyak 20 orang masyarakat yang mewakili tiga desa/kelurahan penyangga kawasan TNBB yaitu Kelurahan Gilimanuk, Desa Sumberklampok, dan Desa Pejarakan. Turut menjadi narasumber adalah I Putu Eka Darmawan dan I Gede Ganesha dari Bank Sampah dan Rumah Plastik Singaraja. Materi pelatihan antara lain terkait peluang usaha bidang pengelolaan sampah, teknis pemilahan sampah, pengelolaan sampah skala rumah tangga, dan asistensi penyusunan rencana kerja bagi para kader lingkungan.

Dalam upaya mengatasi sampah plastik di TNBB, Kepala Balai, Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si telah menandatangani kontrak kerja dengan Dirjen KSDAE melalui Role Model pengendalian sampah plastik/anorganik. Targetnya, permasalahan sampah di TNBB selesai tertangani dengan solusi bersama melalui kolaborasi dengan para pihak.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini