Implementasi Masyarakat Sebagai Subyek di Desa Penyangga TN Bogani Nani Wartabone

Minggu, 02 Desember 2018

Gorontalo, 1 Desember 2018. Suka Makmur adalah desa penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) yang berada di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Pada Kamis (29/11/18) malam telah dilaksanakan sosialiasi Feasibility Study (FS) dan Detail Engeneering Desain (DED) pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) oleh Balai TNBNW di kantor Desa Suka Makmur. Tim sosialisasi dipimpin Kepala Balai TNBNW (Lukita Awang Nistyantara) yang didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Limboto (Bagus Tri Nugroho) dan staf Balai TNBNW, menyampaikan perlunya partisipasi aktif seluruh masayarakat desa. PLTMH ini rencananya akan menyalurkan listrik untuk 3 (tiga) dusun di Desa Suka Makmur.

Sosialisasi ini mendiskusikan tentang rencana pembangunan PLTMH secara kolaboratif, yang pembiayaan dan pelaksanaannya akan ditanggung bersama antara Balai TNBNW dan masyarakat desa. Ayahanda/ kepala desa (Usman Isa) dan masyarakat menyambut dengan antusias rencana pembangunan PLTMH tersebut. Pihak desa pun setuju untuk berkolaborasi dengan Balai TNBNW secara swadaya guna mendukung pembangunan ini. Penguatan kelompok serta pendampingan dan pelibatan masyarakat perlu terus dilakukan.

Pada Jum'at (30/11/18) Kepala Balai TNBNW didampingi kepala desa/ ayahanda, Ketua Kelompok Lestari dan Kepala SPTN Wilayah I serta staf Balai TNBNW mengecek lokasi pembangunan PLTMH yang rencananya akan dibangun di Sungai Molonuayo pada tahun 2019.

Sebelumnya pada bulan Agustus - September 2018, tim ahli yang dipimpin oleh Hunggul Yudono (Peneliti Balai Litbang LHK Makasar), telah melakukan pengukuran dan penyusunan FS DED PLTMH dimaksud. Potensi energi listrik yang akan dihasilkan mencapai 20 - 40 Kwh.

Sumber : Diah Ayu Lestari, S.Hut. - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini