Kesadaran Masyarakat Meningkat, SKW III-BKSDA Kalteng Terima Serahan Owa dan Ular Cobra dari Masyarakat

Senin, 03 Desember 2018

Palangka Raya, 3 Desember 2018. Kesadaran masyarakat terkait perlindungan dan penyelamatan satwa liar dirasakan semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya 2 satwa liar oleh masyarakat Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Tepatnya Pada hari Kamis tanggal 8 November 2018, SKW III menerima kedatangan warga a.n Agus, Warga Desa Lanjas Kecamatan Teweh Tengah ini secara sukarela dan penuh kesadaran meyerahkan satwa owa-owa (Hylobates muelleri) peliharaannya kepada petugas BKSDA Kalteng. Satwa dilindungi tersebut telah dipelihara selama 3 tahun. Saat ini owa berumur 3,5 tahun itu telah dititipkan ke Yayasan Kalaweit untuk mendapatkan pemeriksaan medis dan proses rehabilitasi.

Selain itu, pada hari selasa tanggal 27 November 2018 SKW III kembali menerima kedatangan warga A.n Andi Tanaka dari Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah yang bermaksud meyerahkan satwa liar yaitu ular king kobra (Ophiophagus sp) kepada petugas BKSDA Kalteng. Satwa tidak dilindungi ini berumur kurang lebih 1 tahun itu ditemukan dekat rumahnya. Karena dikhawatirkan membahayakan warga maka ular tersebut diserahkan kepada BKSDA Kalimantan Tengah dan selanjutnya akan dilepaskan ke Cagar Alam Pararawen.

Penyerahan satwa liar hasil temuan masyarakat maupun yang pernah dipelihara sangat penting untuk meminimalisir penularan penyakit dari satwa ke manusia (zoonosis).

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini