Bukti Mampu Kelola Wisata Berkelanjutan, Balai TN Bali Barat Sabet Dua Penghargaan

Senin, 03 Desember 2018

Jakarta, 1 Desember 2018. Jumat, tanggal 30 November 2018 menjadi catatan prestasi pengelolaan kawasan dengan keberhasilan Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) meraih penghargaan pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dari Kementerian Pariwisata dan Tri Hita Karana (THK) Tourism Award & Acreditation. Kedua penghargaan ini diperoleh melalui tahapan penilaian yang dimulai pada awal tahun meliputi proses screening, pengumpulan portofolio, visitasi juri/asesor, dan wawancara para pihak yang menjadi pengelola dan pemangku kepentingan dari obyek yang dinilai.

Pada malam penghargaan ISTA Award 2018 yang bertempat di Balairung Flores, Hotel Borobudur Jakarta, TNBB terpilih sebagai Pemenang Hijau Perunggu, Kategori Pelestarian Lingkungan. Untuk kategori ini, semua pemenang merupakan destinasi wisata di kawasan konservasi. Ekowisata Tangkahan sebagai Pemenang Hijau Emas, dan Destinasi Tanjung Puting sebagai Pemenang Hijau Perak. Destinasi pemenang kategori ini dipandang telah mengupayakan dan melaksanakan pelestarian lingkungan dalam pembangunan pariwisata berkelanjutan di kawasannya. Kepala Balai TN Bali Barat, Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si menerima penghargaan ISTA 2018 yang diberikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, bersama Dewan Juri ISTA 2018 dengan disaksikan Dirjen KSDAE Kementerian LHK. Pada sambutannya, Arif Yahya menyatakan bahwa penghargaan semacam ini penting dilakukan karena dapat meningkatkan rasa percaya diri, kredibilitas, dan dapat dijadikan sebagai pengukur performansi atau yang biasa disebut 3C: confidence, credibility, calibration.

THK Tourism Award 2018 yang diselenggarakan oleh Yayasan Tri Hita Karana, diikuti 165 peserta dari hotel bintang 3 sampai bintang 5, instansi pemerintah, unsur pendidikan, dan unsur pelayanan publik. Malam penganugerahan dilakukan di Taman Budaya Art Center Denpasar. Acara dibuka oleh Sekda Provinsi Bali mewakili gubernur Bali. Penerimaan anugerah di bagi dalam 19 tim dgn jumlah asesor sebanyak 3 sampai 6 org. Penilaian dilakukan oleh asesor/juri dari kalangan profesional dan akademisi serta praktisi pariwisata di Bali dan nasional. Penilaian ini dilakukan terhadap upaya peserya selama 1 tahun dalam hal pengelolaan pariwisata berkelanjutan.

Dengan memperoleh hasil penilaian spesifikasi sangat baik, Balai TNBB yang baru pertama kali ikut berhasil mendapatkan kategori Penghargaan Emas (Gold Award). Penganugerahan penghargaan THK diterima oleh Wiryawan, S.Hut, MEc.Dev, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, mewakili Kepala Balai TNBB yang dalam waktu bersamaan menerima penghargaan ISTA Award di Jakarta.

ISTA Award 2018 merupakan penghargaan yang diadakan untuk membangun kesadaran pengelola akan pentingnya pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan sesuai dengan Permenpar No. 14 Tahun 2016 tentang pedoman destinasi berkelanjutan. Tahun ini merupakan ISTA Award kedua dengan peserta berjumlah 176. Meningkat jauh jika dibanding tahun 2017 dengan total 96 peserta. Hal ini menunjukkan konsep wisata berkelanjutan sudah lebih banyak dipahami oleh masyarakat. ISTA Award bukan hanya sebuah bentuk penghargaan, tetapi juga merupakan platform destinasi daya tarik wisata dan usaha priwisata untuk diterapkan dalam destinasi masing-masing. Terdapat empat kategori penghargaan ISTA Award 2018, yaitu: bidang tata kelola, bidang pemanfaatan ekonomi kepada masyarakat lokal, bidang sosial-budaya, dan bidang pelestarian lingkungan.

Untuk penghargaan THK Tourism Award & Acreditation, pertama kali dilakukan pada Tahun 2000 dan telah berjalan selama 18 tahun. THK Award merupakan salah satu penghargaan yang prestisius bagi pengelolaan destinasi wisata, akomodasi, dan instansi/lembaga yang mengimplementasikan nilai - nilai filosofis Tri Hita Karana dalam tata kelola dengan mewujudkan keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan manusia dengan alam lingkungannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini