Semarak Hari Menanam Pohon di Pulau Sumba

Rabu, 28 November 2018

Waibakul, 28 November 2018. Bulan November merupakan bulan penting bagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena pada bulan ini diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional (HMPN) dan Bulan Menanam Nasional. Banyak kegiatan penanaman yang dilakukan baik di tingkat pusat atau Unit Pelaksana Teknis di daerah-daerah.

Tak terkecuali Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang juga ikut memeriahkan peringatan HMPN dengan mengikuti berbagai kegiatan. Diantaranya adalah menanam bibit pohon di Sumba Tengah dan mengikuti lomba menghias pekarangan rumah yang diikuti oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) TN Matalawa di Sumba Timur.

Penanaman dengan total 1000 bibit pohon yang terdiri dari jenis sengon dan kelor dilakukan di SMP 5 Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah. Wakil Bupati Sumba Tengah beserta pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), personil KODIM dan KORAMIL beserta PERSIT, pelajar, masyarakat, dan stakeholders lain turut hadir dalam kegiatan ini. Setelah sebelumnya dilakukan apel, Wakil Bupati berserta seluruh peserta yang hadir langsung menuju ke lubang tanam yang telah disiapkan di belakang halaman sekolah.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Waibakul, Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut, M.Sc, yang memimpin peserta dari TN Matalawa menyampaikan pesan bahwa bibit pohon yang ditanam merupakan warisan untuk anak-anak dan cucu-cucu kita. Tidak hanya kuantitas yang perlu diperhatikan, melainkan bagaimana kita dapat menjaga kualitas bibit pohon yang kita tanam dengan cara merawatnya.(dpn/mtlw)

Sumber: Balai TN Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini