Pelatihan Ekowisata Bersama Masyarakat dan Pemerintah Daerah

Minggu, 25 November 2018

Sungai Penuh, 25 November 2018.  Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) bekerjasama dengan Forest Programme II mengadakan Pelatihan Ekowisata bersama Masyarakat dan Pemda tahun 2018 pada tanggal 23-24 November 2018 dengan narasumber dari INDECON  (Indonesian Ecotourism Network). 50 orang peserta hadir dari perwakilan pemerintah daerah, pemandu, travel organizer (TO) dan pelaku usaha ekowisata di sekitar kawasan TNKS, termasuk diantaranya Dinas Pariwisata Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Solok Selatan, KPHP Kerinci, Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang Sungai Penuh dan Kerinci, serta Asosisasi Pendaki Gunung Indonesia (APGI) cabang Kerinci serta Kelompok Tani Hutan (KTH) Danau Belibis dan Karya Jaya dan Kelompok Konservasi Mandiri (KKM) Bangunrejo yang merupakan beberapa kelompok binaan TNKS.

Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemerintah daerah sebagai stakeholder pengembangan ekowisata TNKS dalam pengelolaan ekowisata TNKS, termasuk di dalamnya  untuk mendukung ketersediaan pemandu ekowisata berkualitas di TNKS serta membangun jejaring dengan dan antar kelompok pemandu dan pemerintah daerah untuk implementasi ekowisata TNKS yang berkualitas. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya Balai Besar TNKS untuk menjawab tantangan pertumbuhan wisata yang sangat pesat di tengah tekanan terhadap kawasan TNKS yang masih terus berlangsung, yang tidak dapat dilakukan oleh TNKS sendiri, namun membutuhkan sinergisitas dengan semua stakeholder, termasuk masyarakat, pemandu wisata alam, pelaku usaha wisata, serta pemerintah daerah terkait.

Selain pelaksanaan pelatihan, kesempatan ini  juga dimanfaatkan oleh para stakeholder untuk membahas permasalahan pengelolaan ekowisata di kawasan TNKS dan sekitarnya. Disepakati terdapat 14 poin perbaikan yang perlu dilakukan dalam pengelolaan ekowisata TNKS, termasuk di antaranya yang paling mendesak adalah pembentukan forum induk yang memayungi semua stakeholder pengelolaan ekowisata TNKS serta pelaksanaan lisensi bagi pemandu wisata/travel organizer penyedia jasa pemandu ekowisata TNKS. Semoga dengan adanya pelatihan ini pengelolaan ekowisata didalam dan disekitar kawasan TNKS akan semakin berkembang.

Sumber : Diah P Suyanto, PEH Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dan Humas Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini