Pesona Edelweis Kelimutu

Selasa, 27 November 2018

Ende, 26 November 2018. Dibalik keindahan Danau Kelimutu yang mendunia, terselip kecantikan abadi.  Bunga Edelweis (Anaphalis longifolia) banyak tumbuh di TN Kelimutu dan sekitarnya, namun belum banyak dimanfaatkan untuk daya tarik untuk menunjang kegiatan wisata alam yang ada.

Berdasarkan hal ini sebagai sebuah organisasi pembelajar (learning organization) Balai TN Kelimutu mengundang pemateri dari Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru, yang telah lebih dulu berhasil mengembangkan Edelweis dalam kegiatan Pelatihan Pembuatan dan Pemanfataan Demplot Edelweis yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 14 s.d 16 November 2018 di Ende. Untuk kegiatan ini BBTN BTS menugaskan Sdr. Birama T. Radityo (Penyuluh Kehutanan) dan Sdr. Teguh Wibowo (Ketua Kelompok Desa Edelweis) untuk menjadi pemateri. Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta masyarakat yang berasal dari Desa Saga dan Desa Sokoria, dan petugas yang berasal dari Seksi PTN I Moni dan Seksi PTN II Detusoko.

Materi kegiatan ini meliputi sharing role model pengembangan wisata desa edelweiss berbasis masyarakat di Desa Penyangga TN BTS, pengenalan dan budidaya Edelweiss, pemenafaatan bunga Edelweis. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan alternatif daya tarik wisata di TN Kelimutu

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini