Pengecekan Lokasi Konflik Gajah dengan Manusia di Aceh Utara

Sabtu, 24 November 2018

Aceh Utara, 23 November 2018. Menindaklanjuti laporan masyarakat Gampong Krueng Bang Kecamatan Geuredong Pasee Kabupaten Aceh Utara kepada personil Resor 11 Aceh Utara Seksi konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe BKSDA Aceh. Petugas Resor bersama masyarakat turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan lokasi konflik gajah liar yang dilaporkan. Adapun lokasi konflik yang dilaporkan merupakan areal perkebunan masyarakat status Areal Penggunaan Lain yang berjarak ± 1,5 km (20,30) dari pemukiman penduduk dan ± 7,6 Km (195,60) dari kawasan hutan produksi, adapun hasil pengecekan dijumpai kerusakan perkebunan masyarakat dengan perkiraan luas ± 20 ha jenis tanaman Kelapa Sawit (Elais guinensis) dan Pinang (Arenga pinnata) .

Wilayah ini sendiri merupakan salah satu wilayah yang sering terjadi konflik gajah liar dengan manusia mulai dari perbatasan kabupaten Aceh Utara dengan Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah sampai ke wilayah perbatasan antara Kabupaten Aceh Utara dengan Kabupaten Aceh Timur hampir setiap tahun dipastikan adanya laporan masyarakat terkait konflik gajah liar baik itu kawasan gajah liar yang masuk ke areal pemukiman, perkebunan masyarakat maupun perkebunan swasta yang memang banyak di wilayah tersebut. Pada kegiatan tersebut personil Resor 11 Aceh Utara membagikan petasan kepada masyarakat untuk membantu masyarakat melakukan pengusiran kawanan gajah liar yang masuk ke wilayah gampong mereka.

Penanganan konflik gajah liar dengan manusia dilaksanakan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh berpedoman kepada Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.48/MENHUT-II/2008 Tentang Pedoman Penanganan Konflik Antara Manusia Dan Satwa Liar dalam upaya mewujudkan tujuan dan target yang tertuang dalam Rencana Aksi Konservasi Gajah Sumatera dan Kalimantan Tahun 2007-2017.

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini