Inventarisasi/Monitoring Rusa (Cervus unicolor) di Seksi PTN Wilayah III Resot 5 Sekitar Hutan Desa Sopotinjak

Rabu, 26 September 2018

Mandailing Natal, 26 September 2018. Taman Nasional Batang Gadis diketahui memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi bila dibandingkan taman nasional lain yang memiliki tipe ekosistem serupa. Hasil survei singkat keanekaragaman hayati yang dilakukan oleh Cl Indonesia selama kurun waktu kurang lebih satu bulan tahun 2004, telah memperlihatkan bahwa kekayaan hayati di Taman Nasional Batang Gadis cukup

tinggi. Beragamnya jenis flora dan fauna yang ditemui oleh tim survei, cukup untuk menjadikan alasan bahwa kawasan Batang Gadis ini perlu dilindungi, guna menekan laju kepunahan flora dan fauna di Taman Nasional Batang Gadis. Daerah yang diamati oleh tim survei dari CI Indonesia ini adalah sekitar Sibanggor-Gunung Sorik Marapi, Kayu Laut-Sopotinjak, Aek Nangali-Aek Guo, Hutabargot Nauli - Km 12, kawasan konsesi HPH Keang Nam, ex konsesi HPH Aek Gadis Timber, serta Sungai Batang Gadis.

Rusa merupakan salah satu pakan yang terbaik bagi predator, terutama harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dengan kata lain rusa salah satu pemenuh kebutuhan hidup bagi sang predator, kemungkian bila rusa berkurang, maka kehidupan predator akan sedikit terancam. Rusa juga dapat dijadikan sebagai objek wisata bagi para pengunjung yang datang kekawasan. Lokasi yang akan dijadikan objek monitoring/inventarisasi rusa adalah sekitar hutan desa Sopotinjak Seksi PTN Wilayah III Resot 5 yang diduga dan diinformasikan keberadaan rusa ada dilokasi tersebut. 

Maksud dan tujuan kegiatan  rusa adalah untuk melihat, mengamati, mengetahui keberadaan rusa. Tujuannya untuk mengetahui ada atau tidaknya rusa tersebut sehingga dapat merumuskan langkah selanjutnya untuk kepentingan pengelolaan kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Sasaran Kegiatan Monitoring/Inventarisasi Rusa adalah pada kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis Desa Hutan Sopotinjak Seksi PTN Wilayah III Sepanjang Jalur Jelajah yang ditempuh dilapangan dan tentunya sudah ditentukan.

Ruang lingkup Kegiatan Monitoring/Inventarisasi Rusa meliputi pengumpulan data dan informasi yang ada dalam areal survey tentang keberadaan rusa, kondisi habitat dan lingkungannya, keberadaan pakan rusa dan aktivitas masyarakat di daerah jelajah rusa tersebut.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini