Owa Jawa “BORIS” Pulang Kampung

Selasa, 14 Agustus 2018

Bandung – 14 Agustus 2018, Setelah lebih dari 8 tahun berada di Lembaga Konservasi Kebun Binatang Bali Zoo, akhirnya pada kamis 9 Agustus 2018, seekor Owa Jawa (Hylobates moloch) berjenis kelamin jantan dengan nama Boris dikembalikan ke habitat aslinya, Boris tiba di Jawa Barat (Bandara Husein Sastranegara Bandung) dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan didampingi petugas BKSDA Bali pada pukul 14.50 WIB.

Kedatangan Boris ke Jawa Barat ini langsung disambut oleh Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Jawa Barat yang bertugas melaksanakan pengawasan peredaran Tumbuhan dan Satwa di bandara bersama dengan petugas Pusat Rehabilitasi Satwa (PRS) Primata Jawa The Aspinall Foundation.

Dari keterangan Emma selaku Public Relation Bali Zoo menyampaikan bahwa kepulangan Boris ke habitat aslinya merupakan bentuk tanggungjawab pihak Bali Zoo dalam pelestarian satwa endemik Indonesia, dimana sebelumnya Bali Zoo telah berhasil melakukan breeding Owa Jawa melalui kerjasama dengan The Aspinall Foundation yang saat ini sedang melaksanakan program Silvery Gibbon Into The Wild.

Setelah proses administrasi selesai, dengan pengawalan petugas Boris langsung dibawa ke Pusat Rehabilitasi Satwa Primata The Aspinall Foundation yang berada di Ciwidey – Bandung Selatan. Boris akan dikembalikan ke alam setelah melalui beberapa treatment oleh The Aspinall Foundation hingga dinyatakan siap untuk dilepasliarkan. Tahapan awal akan dilakukan observasi terhadap kesehatannya, selanjutnya Boris akan ditempatkan di kandang karantina dengan tujuan agar Boris dapat belajar beradaptasi dengan habitat barunya tanpa gangguan dari primata lain yang ada di The Aspinall Foundation. Pulang kampungnya Boris ke Jawa Barat diharapkan dapat menambah jumlah populasi Owa Jawa di habitat aslinya melalui program rehabilitasi.

Sumber: BBKSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini