Peringati HKAN, BTNGP Kampanyekan Penggunaan Tumbler

Senin, 13 Agustus 2018

Kayong Utara, 13 Agustus 2018. Sejak tahun 2009, Presiden RI menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) melalui Keppres No. 22 tahun 2009. Pada peringatan HKAN kesepuluh ini, Balai Taman Nasional Gunung Palung (BTNGP) mengadakan serangkaian acara peringatan yang dimulai sejak 10 Agustus 2018 hingga 16 Agustus 2018. Pembukaan peringatan HKAN ini sendiri dilaksanakan di depan kantor SPTN Wil. I Sukadana pada Jumat (10/8) dan dibuka oleh Camat Sukadana yang diwakili oleh Sekcam.

Dalam sambutannya, M. Ari Wibawanto selaku Kepala BTNGP menyampaikan bahwa dalam rangka HKAN 2018 diharapkan TNGP dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar kawasan tentang arti penting kawasan TNGP dan manfaatnya bagi masyarakat. Beliau juga mengampanyekan gerakan kepedulian lingkungan dengan tidak menggunakan plastik air kemasan sekali pakai/buang. “Tugas kami adalah memberikan ilmu tentang konservasi dan lingkungan hidup. Kami berharap ilmu yang sudah kami berikan disosialisasikan atau disebarluaskan oleh rekan-rekan semua termasuk tentang penggunaan tumbler atau tempat minum sendiri,” katanya.

Sedangkan dalam laporan ketua panitia, Bambang Hari Trimarsito, Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Kepala SPTN Wil. I Sukadana menjelaskan demi memulai aksi nyata penggunaan tumbler setiap peserta akan mendapatkan satu botol tumbler. Selain itu Balai TNGP tidak akan lagi menyediakan kemasan botol/gelas sekali pakai di kantor dan akan ada larangan membawa botol dan gelas plastik sekali pakai ke dalam kawasan TNGP. “Setelah ini (apel pembukaan, Red.) masing-masing kalian akan dapat satu botol tumbler. Silakan itu digunakan dalam kegiatan ini maupun ketika nanti kalian mau main ke taman nasional,” ujarnya.

Peringatan HKAN di Balai TN Gunung Palung tahun ini dihadiri oleh masyarakat, pelajar, dan tokoh setempat, perwakilan BKSDA Kalimantan, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), Yayasan International Animal Rescue Indonesia (IARI), serta perwakilan dosen dan mahasiswa Universitas Tanjungpura. Kegiatan ini terselenggara atas bantuan banyak pihak termasuk keterlibatan Kepala Desa Sutera dan jajarannya. Sementara itu rangkaian kegiatan peringatan HKAN pada 10 Agustus 2018 di TNGP adalah apel pembukaan, aksi bersih Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Peramas, field trip ke ODTWA Bukit Mandala, pemasangan spanduk terkait pencegahan konflik antara orangutan dengan masyarakat, kuliah umum dan pemutaran film tentang TNGP, serta sosialisasi penanganan ular dan gigitan ular. Rangkaian berikutnya adalah penanaman dan diskusi ekowisata di ODTWA Riam Berasap bersama Sahabat Gunung Palung (Sagupa) pada 15 – 16 Agustus 2018.

Kegiatan peringatan HKAN 2018 ini mendapat antusiasme dan apresiasi dari para peserta. Salah satu peserta, Devi Sari Wahyuni, anggota Siswa Pencinta Alam (Sispala) Grepala (Gerakan Remaja Pencinta Alam) SMAN 3 Simpang mengaku senang bisa mengikuti kegiatan HKAN 2018 untuk pertama kalinya dan berharap ilmu tentang lingkungan hidup yang telah didapat dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Rakhmad, Pembina Sispala Grepala bahkan mengatakan bahwa Sispala Grepala dan Sispala-sispala lainnya di Kabupaten Kayong Utara siap bersinergi dan bekerja sama dalam usaha pelestarian dan konservasi alam bersama Taman Nasional Gunung Palung.

 

 

Sumber : Yusuf Muhammad, Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Yusuf Muhammad
Semangat..! :D