Hari ke-2 Festival TN dan TWA : Live Talkshow Balai TN Gunung Ciremai

Sabtu, 07 Juli 2018

Yogyakarta, 7 Juli 2018. Hari kedua perhelatan Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam (FTN & TWA) 2018 menjadi ajang Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menjadi salah satu narasumber dalam dua live talkshow

Live talkshow dengan tema pengelolaan lestari gunung ciremai untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian budaya luhur menjadi perhatian pengunjung karena juga dihadiri Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekosistem, Bupati Kuningan, Bupati Majalengka yang di wakili Disparbud, Direktur utama BIJB kertajati, Dekan fakultas UNIKU dan mitra masyarakat pengelola gunung ciremai. 

Diceritakan pada talkshow awal mula respon negatif terhadap perubahan status Gunung Ciremai, proses membangun pemahaman masyarakat penyangga mengenai fungsi dan manfaat taman nasional baik secara ekologi, ekonomi dan sosial budaya serta proses perjalanan 11 tahun untuk perbaikan dalam pengelolaan kawasan taman nasional yang saat ini sudah menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat penyangga. Balai TNGC juga mengadakan soft launching buku yang telah disusun Balai TNGC bersama dengan penulis buku Harley B. Sasta sebagai panduan pendakian Gunung Ciremai. 

Sebagai informasi, pengunjung yang hadir pada stand TNGC berjumlah 200 orang yang tak hanya berasal dari dalam negeri, juga dikunjungi turis mancanegara yang berasal dari Singapura, Italia dan Kolombia. Tidak ketinggalan beberapa agen travel juga menyambangi stand TNGC  agar kedepannya dapat menjalin kerjasama dalam pengembangan wisata alam di Gunung Ciremai. 

Stand TNGC menampilkan informasi tentang Gunung Ciremai melalui leaflet, audiovisual, banner bahkan terdapat welcome food berupa Tape Kuningan dan aneka produk makanan khas Kuningan Majalengka. 

Selain informasi mengenai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), beberapa produk masyarakat binaan dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) TNGC juga meramaikan stand. Bahkan beberapa produk seperti boneka macan tutul Jawa, kaos macan tutul Jawa, Topi Ciremai, madu dan tape kuningan habis terjual. Pengunjung semakin padat pada saat penyelenggaraan kuis grand door prize satu unit sepeda gunung, delapan voucher tiket gratis pendakian Gunung Ciremai, satu voucher menginap gratis di homestay desa wisata Cibuntu, dan 10 paket merchandise menarik lainnya. [teks ©? Mendry dan Gandi Mulyawan | foto ©? BTNGC | 072018]

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini