Rangkul Masyarakat, Bogani Nani Wartabone Siapkan Paket Wisata Unggulan

Sabtu, 07 Juli 2018

Tambun, 7 Juli 2018. Sanctuary Maleo Tambun  adalah habitat peneluran burung maleo yang menjadi salah satu objek wisata Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di TNBNW, maka dilaksanakan  pertemuan dan diskusi dengan kelompok masyarakat Desa Pinonobatuan yang berada di sekitar lokasi Sanctuary Maleo Tambun (6/7/18). Anggota kelompok masyarakt desa, beberapa staf TNBNW seperti Kepala Resort Dumoga Timur Lolayan, Pejabat PEH serta Penyuluh hadir dalam pertemuan. Merancang paket wisata alam di TNBNW yang dikelola masyarakat khususnya di lokasi yang menjadi habitat maleo menjadi menu utama untuk dibahas.  

Kelompok masyarakat Desa Pinonobatuan yang diberi nama Kelompok Maleo Leosan ini merupakan mitra dan sekaligus menjadi kelompok binaan TNBNW yang rencananya akan bekerjasama dalam mengelola wisata di Sanctuary Maleo Tambun ini.

Foster Parent salah satu paket wisata unggulan yang dihasilkan berupa aktivitas diantaranya pengamatan maleo, mencari dan menggali telur maleo, memindahkan dan menanam telur maleo di bak penetasan (hatchery), serta melepasliarkan anakan maleo. Wisatawan yang mengambil paket ini nantinya akan mendapatkan sertifikat dan pin sebagai orang tua asuh maleo, dan pada saat telur maleo tersebut menetas dan siap dilepasliarkan, wisatawan yang menjadi orang tua asuh ini akan dikabari dan berhak untuk ikut melepasliarkannya. Namun jika tidak sempat untuk bersama melepasliarkannya, maka orang tua asuh maleo berhak mendapatkan video pelepasliarannya.

Adanya paket - paket wisata yang dikelola masyarakat, masyarakat terlibat aktif dalam penjagaan kawasan sehingga kunjungan wisatawan di TNBNW semakin meningkat, serta pendapatan masyarakat sekitar dan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) juga lebih meningkat. 

Sumber : Nuraini – Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini