Balai KSDA Aceh Lepasliarkan Kukang dan Siamang

Sabtu, 07 Juli 2018

Aceh Jaya, 6 Juli 2018. Balai Konservasi Sumber Daya Aceh (BKSDA Aceh) melepas 3 ekor primata ke kawasan hutan di Aceh Jaya sekitar pukul 17.15 WIB (6/7/18). Ketiga primata tersebut seekor siamang (Symphalangus sundactylus) dan 2 ekor kukang (Nycticebus coucang) terdiri dari seekor induk dan seekor anaknya yang diserahkan masyarakat secara sukarela. Hal ini menandakan masyarakat semakin peduli dan berpartisipasi akan kelangsungan kehidupan satwa liar yang dilindungi undang-undang.

Tiga primata tersebut mendapat rehabilitasi dikandang sementara BKSDA Aceh sekitar 1 bulan sebelum dilakukan pelepasliaran dan dalam pengawasan Dokter Hewan BKSDA Aceh drh. Taing Lubis, M.M. serta mitra. 

“Satwa yang dilindungi tersebut sehat dan tidak cacat hingga sangat layak untuk dilepas liarkan” ungkap drh. Taing. Beliau juga mengungkapkan bahwa faktor suara yang ditimbulkan siamang sangat menganggu sekelilingnya, tidak baik berada lama dalam kandang yang nantinya ada resiko penyakit zoonosis. Tiga primata sudah dilatih memakan daun sehingga tidak tergantung buah dialam dan jenis kukang sangat mudah beradaptasi di alam. 

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam   Aceh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini