Pelatihan Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di Taman Nasional Kelimutu

Selasa, 05 Juni 2018

Flores, 5 Juni 2018. Dalam rangka pembinaan masyarakat desa penyangga dengan meningkatkan keterampilan bagi masyarakat sekitar kawasan dalam kegiatan ekowisata, Balai TN Kelimutu melaksanakan paket kegiatan Pelatihan Pengembangan Ekowisata bagi Masyarakat yang diadakan secara paralel selama 10 hari, berlangsung dari tanggal 21 sampai degan 31 Mei 2018 di TN Kelimutu dan sekitarnya.

Pelatihan ini diikuti oleh total 30 peserta, terdiri atas, kelompok SPKP (Sentra Penyuluh Kehutanan Pedesaan), Masyarakat Mitra Polhut (MMP), dan beberapa perwakilan masyarakat desa penyangga di TN Kelimutu (Niowula, Wologai Tengah, Saga, Sokoria, Waturaka dan Pemo).

Narasumber dan pelatih dalam kegiatan ini merupakan para praktisi ekowisata M Nurdin Razak, Mamuk Ismuntoro dan Risma Restyana Putri selain dari Balai TN Kelimutu sendiri.  Kegiatan dan materi yang dilatih adalah Penyusunan jalur dan paket ekowisata, Pelatihan interpreter dan SOP pelayanan prima, Tata Kelola homestay, Penataan Higienis dan sanitasi, dan Promosi online dan offline

Selain itu dalam kegiatan ini dilakukan juga simulasi praktek pemanduan di jalur tracking yang akan dikembangkan dan objek-objek wisatanya dengan langsung membawa wisatawan asing.

Diharapkan dari rangkaian kegiatan ini masyarakat sekitar kawasan dapat lebih berdaya dengan mengembangkan ekowisata di desa masing-masing sesuai potensinya sehingga mendukung dalam pengembangan wisata alam di TN Kelimutu, dimana hal ini sesuai dengan role model Taman Nasional Kelimutu, yaitu: Manajemen Pengunjung dan Diversifikasi Kunjungan Wisata Terpadu dengan Budaya.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini