Optimalisasi Karhutla, Balai TN Bukit Tigapuluh Bentuk Posko Siaga Karhutla

Kamis, 24 Mei 2018

Sebagai tindakan antisipasi pencegahan karhutla, dibentuk posko siaga pengendalian kebakaran hutan beserta personil pelaksana dan sarana prasarana pendukung operasional posko siaga. Lokasi posko siaga dibagi menjadi 5 (lima) lokasi yaitu Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), SPTN Wilayah I Tebo, SPTN Wilayah II Belilas, Resort Lahai dan Resort Talang Lakat. 

Masing-masing posko terdapat 2 (dua) orang personil siaga pengendalian karhutla yang memiliki jadwal kegiatan setiap minggunya secara bergiliran. Adapun tugas setiap regu antara lain penjagaan, patroli, mencatat setiap laporan hotspot dan laporan masyarakat terkait karhutla di penyangga kawasan TNBT, melakukan groundcheck dan pemadaman karhutla.

Agar posko siaga ini berjalan dengan optimal, setiap personil posko harus membawa kelengkapan alat GPS dan kamera serta laporan kegiatan harian harus diisi dan dilengkapi. Kegiatan penjagaan posko siaga pengemdalian karhutla dimulai sejak awal April 2018 dan setiap bulan akan diperpanjang. Semoga dengan adanya posko siaga pengendalian karhutla ini, upaya pencegahan karhutla berjalan optimal di TNBT.

Bahaya kebakaran hutan dan lahan selain mengakibatkan kerusakan hutan dan lingkungan juga berdampak buruk bagi kesehatan dan dunia pendidikan. Banyak instansi sekolah yang meliburkan anak didiknya untuk menghindari bahaya asap yang dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Masih adanya sebagian masyarakat yang membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar menjadi faktor penyebab terjadinya karhutla.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini