Pelatihan Meningkatkan Kualitas

Selasa, 15 Mei 2018

Jayapura, Selasa, 15 Mei 2018. Dengan meningkatkan kualitas pegawai, khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, akan semakin meningkatkan pula kualitas kerja/ kinerja pegawai yang akan berujung pada peningkatan kinerja dan kualitas Unit Pelaksana tersebut. Bentuk-bentuk pelatihan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas kemampuan pegawai. Inhouse Training Demplot Microhidro di Kawasan Konservasi yang dilaksanakan di Hotel Augusta, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 7 sampai dengan 10 Mei 2018, merupakan salah satu bentuk pelatihan dalam meningkatkan kualitas pegawai khususnya Kementerian LHK, Unit Pelaksana Teknis BBKSDA Papua, Rian Agustina, S.Pt.,MIL yang ikut menjadi salah satu peserta.

Beberapa hal yang dapat disimpulkan dalam pelaksanaan inhouse training ini, antara lain Dengan diberikannya materi Kebijakan Prioritas Nasional Ketahanan Energi melalui Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), maka energi lain selain yang memanfaatkan bahan bakar fosil, meliputi : energi yang berasal dari pemanfaatan panas matahari, angin, air, biomassa dll, maka EBT tersebut dapat membantu dalam hal pencapaian target bauran energi yang masuk dalam program pemerintah yaitu PROGRAM 35000 MW, yaitu membangun pembangkit listrik mencapai 35.000 MW hingga 2019 (5 tahun), untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Materi Perencanaan Pembangunan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga MicroHidro), disampaikan bahwa ada beberapa tahapan yang dapat disiapkan antara lain : Studi potensi (perencanaan lokasi), sosialisasi, studi kelayakan, perancangan (DED dan RAB), Persiapan, Pembangunan dan Instalasi serta operasional (pemanfaatan dan Pemeliharaan). Selain materi-materi mengenai kebijakan prioritas nasional ketahanan energi melalui pengembangan energi baru terbarukan, pengenalan PLTMH, dan materi-materi lainnya, peserta di ajak untuk ikut ke lokasi yang telah mengembangkan MicroHidro dan kelembagaan Masyarakat pengelola MicroHidro di Kasepuhan Ciptagelar untuk kegiatan praktek lapangan.

Dari materi dan praktek lapang dalam kegiatan inhouse training ini, peserta diharapkan dapat menjadi perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis wilayah kerja masing-masing yang dapat menjadi penggiat partisipasi masyarakat sekitar kawasan konservasi untuk menjaga dan melestarikanfungsi kawasan, melalui pemanfaatan air sebagai sumber energi (mikrohidro), juga dapat membangun hubungan timbal balik positif antara kawasan konservasi dengan masyarakat di sekitarnya, serta dapat memanfaatkan potensi air dalam kawasan konservasi dan sekitarnya untuk dapat berkontribusi dalam mewujudkan percepatan energy listrik melalui EBT.

Pegunungan Cycloop merupakan salah satu kawasan konservasi wilayah kerja BBKSDA Papua yang dalam perencanaan pengelolaannya terdapat pembangunan mikrohidro. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat mendukung pelaksanaan pengelolaan kawasan konservasi, khususnya CA. Pegunungan Cycloop yang juga ditunjuk sebagai Rolle Model tahun 2017.

Sumber : Rian Agustina - BBKSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini