Karyawan Travel Bersih Sampah di Taman Nasional Bunaken

Rabu, 09 Mei 2018

Bunaken, 8 Mei 2018. Kegiatan bersih pantai dan perairan dilakukan dive operator MM Travel di wilayah pantai dan perairan Pulau Bunaken. Sebanyak 35 orang karyawan dengan 2 perahu dikerahkan untuk melakukan kegiatan bersih sampah. Perahu pertama sebanyak 20 orang dikerahkan di bagian pantai yang dimulai dari Pantai Liang sampai pantai dekat Panorama Dive Centre, perahu kedua sebanyak 15 orang dikerahkan di area perairan yaitu di mulai dari Muka Kampung Divespot sampai Cela-Cela Divespot dilakukan sebanyak 15 orang.

Sampah yang diambil berupa sampah plastik yang terkonsentrasi di pantai dan mengapung di perairan. Supaya tidak berhamburan, sampah dimasukan dalam karung kemudian dikumpulkan di dekat pos jaga Balai Taman Nasional Bunaken untuk pengumpulan sementara. Hasil aksi bersih sampah hari ini terkumpul 100 karung.

Efendi Amisang Asisten Manager Dive Centre MM Travel menyampaikan bahwa kegiatan aksi bersih sampah di Bunaken adalah program baru dari manajemen, kami akan melaksanakan kegiatan ini secara rutin, perusahaan siap membantu membersihkan kawasan Taman Nasional Bunaken dari sampah, terutama plastik di perairan maupun pantai.

Setiap 2 minggu sekali, akan dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan sebagai program khusus aksi bersih sampah yang fokusnya di sekitar Pulau Bunaken. Ini bukti andil kami perusahaan MM Travel membantu melestarikan kawasan Taman Nasional Bunaken, tutur Efendi sambil memimpin anak buahnya.

Denny, SE petugas patroli pengawasan aktifitas pengunjung di Bunaken dilapangan, mengucapkan terima kasih kepada manajemen MM travel yang telah membantu menjaga kebersihan kawasan Taman Nasional Bunaken, semoga aksi bersih sampah yang dilakukan sekarang menjadi contoh dan diikuti dive operator lain. Kegiatannya kami harapkan tidak hanya di sekitar area dive operatornya saja, tetapi bisa meluas lagi.

Sebagaimana surat edaran Kepala Balai Taman Nasional Bunaken kepada para tour travel dan dive center, Nomor: S.105/BTNB/TU/TEK/02/2018 agar para tour travel dan dive center menerapkan prinsip-prinsip ekowisata di Taman Nasional Bunaken, bentuk himbauan kami salah satunya agar membawa sampah masing-masing dan sukarela memungut sampah yang ditemui di kawasan laut Taman Nasional Bunaken untuk dikumpulkan di daratan. Selain itu apabila sementara diperairan dapat diserahkan ke perahu petugas kebersihan.

Kami mengharapkan ke depan apabila terdapat pihak lain yg akan melakukan kegiatan serupa, sebaiknya diawali dengan pemberitahuan kepada Balai Taman Nasional Bunaken, baik petugas Resort Bunaken atau ke SPTN Wilayah I Meras, tutup Denny.

Sumber : Pandu Wijaya, S.H – Polhut Ahli Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini