Kunjungan Kepala Balai ke Resort, Picu Semangat Staf Balai TN Bogani Nani Wartabone

Kamis, 10 Mei 2018

Maelang, 8 Mei 2018. Kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) Lukita Awang Nistyantara didampingi Dini Rahmanita Staf Urusan Pengawetan melakukan kunjungan ke Resort Lolanan dan Resort Pinogaluman SPTN Wilayah III Maelang Balai TNBNW. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka monitoring kegiatan petugas di lapangan.

Kunjungan diawali ke kantor Resort Lolanan, akan tetapi Kepala Balai TNBNW tidak bisa menemui petugas resort karena mereka sedang melakukan kegiatan patroli rutin penanggulangan gangguan satwa di wilayah kerja Resort Lolanan. Perjalanan pun dilanjutkan menuju ke Resort Pinogaluman yang disambut Kepala Resort Pinogaluman, Welly Solang.  

?Petugas di lapangan harus selalu semangat menjalankan tugas-tugasnya, bekerja ikhlas, bekerja keras dan bekerja cerdas namun tetap harus memperhatikan kemampuan fisik masing-masing petugas? tegas Kepala Balai kepada Kares Pinogaluman.  Kepala Balai juga menekankan tentang pentingnya pelibatan masyarakat dalam mengelola kawasan TNBNW. Dalam pertemuan tersebut Kepala Resort menyampaikan tentang rencana pemulihan ekosistem kolaboratif yang akan dilaksanakan di lokasi Mauk serta kendala-kendala yang dihadapi.

Kepala Balai melanjutkan perjalananan menuju Sanctuary Maleo Maura Pusian dan bertemu rombongan petugas serta MMP Resort Pinogaluman yang sedang melakukan patroli rutin dalam rangka patroli pengamanan hutan dan patroli bersama MMP di lokasi Bulumobalui. Kepala Balai juga melihat secara langsung pelaksanaan RBM yang dilakukan petugas Resort Pinogaluman, melakukan pengecekan informasi batas kawasan yang dibuat petugas melalui GPS serta memeriksa tally sheet kegiatan RBM yang sudah diisi petugas. Kemudian, Kepala Balai ke lokasi kebun masyarakat yang berada di dalam kawasan TNBNW dan menginstruksikan bahwa setelah masa panen, maka lahan tersebut sudah tidak boleh ditanami lagi dengan tanaman jagung melainkan diganti dengan tanaman kayu.

Perjalanan dilanjutkan kembali menuju lokasi Sanctuary Maleo Muara Pusian dan Kepala Balai menekankan tentang pentingnya melibatkan masyarakat dalam pengelolaan kawasan TN termasuk dalam pengelolaan Sanctuary Maleo. Dengan terlibatnya masyarakat dalam berbagai upaya pengelolaan kawasan TN, maka dengan sendirinya akan tumbuh kesadaran dalam diri masyarakat untuk menjaga kelestarian TN. Dengan demikian maka pekerjaan petugas di lapangan akan lebih ringan.

Kehadiran Kepala Balai di tengah-tengah petugas resort memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi para petugas resort serta semakin menumbuhkan kekompakan dan semangat untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Sumber : Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini