Hari Kedua Gunung Palung Touring 2018 : Puisi Syahdu Taman Nasional Gunung Palung

Rabu, 09 Mei 2018

Laman Satong, 9 Mei 2018. Hari kedua touring (03/05/18), diawali dengan mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja di Halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara. Semua anggota Polisi Kehutanan yang mengikuti touring mewakili Balai TNGP hadir dalam Upacara Hari Ulang Tahun Polisi Pamong Praja ke 68 Kabupaten Kayong Utara. Kepala Balai TNGP yang ikut hadir dalam upacara tersebut berkesempatan menemui Wakapolres Kayong Utara dan Danramil Sukadana untuk menyampaikan perihal kegiatan touring.

Setelah mengikuti upacara, agenda touring dilanjutkan dengan mengunjungi Desa-desa di Kecamatan Sukadana. Desa-desa di Kecamatan Sukadana yang dikunjungi pada hari kedua meliputi: Desa Pampang Harapan, Desa Sejahtera, Desa Simpang Tiga, dan Desa Riam Berasap Jaya. Rombongan Balai TNGP diterima langsung oleh Kepala Desa atau perwakilan dari Badan Permusyawaratan Desa. Pada umumnya kepala desa dan perwakilan masyarakat mengharapkan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan TNGP khususnya terkait batas kawasan taman nasional dapat diselesaikan dengan melibatkan masyarakat.

Desa terakhir yang dikunjungi adalah Desa Laman Satong yang merupakan salah satu desa di sekitar kawasan TNGP yang berada di Kabupaten Ketapang. Kunjungan ke Desa Laman Satong dilakukan di rumah tokoh masyarakat yang sekaligus pegiat konservasi Bapak Yohanes Terang. Selama kunjungan ke rumah beliau, Bapak Yohanes Terang menceritakan pengalamannya dalam mempertahankan kelestarian TNGP dan menyampaikan pesan-pesan konservasi. Di akhir pesannya kepada seluruh staf Balai TNGP Bapak Yohanes Terang membacakan puisi karya sendiri tentang Taman Nasional Gunung Palung yang bikin merinding dan menggetarkan.

Menutup akhir dari kegiatan touring hari kedua adalah kunjungan ke mitra Balai TNGP yaitu perusahaan kebun sawit PT Kayung Agro Lestari (PT KAL). Komitmen PT KAL dalam melindungi Orangutan dan upaya membangun koridor untuk Orangutan menjadi nilai penting kunjungan ke PT KAL.

Sumber : Balai TN Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini