DPRD Kutai Timur Kunjungi Balai TN Kutai

Rabu, 09 Mei 2018

Bontang, 9 Mei 2018. Untuk menjalin tali silaturahmi antara Balai Taman Nasional Kutai bersama DPRD Kabupaten Kutai Timur, DPRD Kabupaten Kutai Timur melakukan kunjungan ke kantor Balai Taman Nasional Kutai. Dalam kunjungannya, DPRD Kutai Timur diwakili oleh Bapak Herlang Mapatiti didampingi kelompok Pemuda Panca Marga (PPM) Kutai Timur dan Staf DPRD Kutai Timur.

Dalam pertemuan ini, sektor pariwisata merupakan pokok pembahasan antara DPRD Kutai Timur, PPM, dan TN Kutai. Bapak Herlang menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Kutai Timur sempat mengalami defisit. Meskipun demikian, dari sektor pariwisata, beliau menyatakan tidak pernah mengalami defisit. Hal ini membuat beliau sangat tertarik untuk mengembangkan Tanjung Prancis sebagai salah satu lokasi tujuan wisata di Kutai Timur karena memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan sebagai objek wisata.

Tanjung Prancis sendiri merupakan lokasi yang berada di Taman Nasional Kutai dan masuk dalam zona pemanfaatan. “Saya menyambut baik dan berterima kasih jika ada ide-ide dari masyarakat untuk mengembangkan sektor pariwisata Taman Nasional Kutai asalkan sesuai dengan peraturan yang berlaku”, ungkap Kepala Balai TN Kutai, Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut., M.Sc. Beliau melanjutkan bahwa ada dua skema yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengelolah wisata di dalam kawasan TN baik melalui skema kerjasama sesuai dengan P.44/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.85/MENHUT-II/2014 tentang Tata Cara Kerjasama Penyelenggaraan Kawasan Swaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam, maupun skema izin/IPPA sesuai dengan PP nomor 36/2010 dan Peraturan Menteri Kehutanan No.48/Menhut-II/2010 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam.

Kepala Balai TN Kutai juga menyampaikan pesan yang telah disampaikan oleh Bapak Dirjen KSDAE bahwa masyarakat yang berada di sekitar kawasan konservasi harus diberdayakan dan mendapat manfaat dari adanya Taman Nasional. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan dapat menjadi momen untuk menjalin komunikasi demi keutuhan dan kelestarian TN Kutai pada masa mendatang.

 

Sumber : BTN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini