Komitmen Bersama Bersihkan TN Karimun Jawa dari Aktivitas Kapal Tongkang

Selasa, 08 Mei 2018

Karimun Jawa, 4 Mei 2018. Komitmen bersama bersihkan TN Karimun Jawa dari aktivitas kapal tongkang dengan diskusi yang dihadiri pihak Greenpeace, Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNKj), perwakilan Gakkum Surabaya, Polairud Polda Jateng dan LSM Akar di Kapal Rainbow Warrior pada tanggal 4 Mei 2018. Greenpeace berharap kedepan tidak ada lagi kapal besar/tongkang batubara yang melintasi/masuk/berlabuh di dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Greenpeace akan membuat platform monitoring/pengawasan berbasis laman di web agar dapat di akses oleh publik. 

Selama di Karimunjawa, Greenpeace juga memantau lalu lintas kapal besar di seputaran pulau Karimunjawa dengan mempergunakan radar dan frekuensi radio. Greenpeace melaporkan telah berhasil mengidentifikasi ada satu dua tongkang yang akan memasuki kawasan dan melakukan panggilan radio ke Karimunjawa. LSM Akar mempertanyakan kesepakatan bersama sebelumnya bahwa sebelum ada konsensus bersama mengenai tambat labuh tongkang/kapal besar maka tongkang tidak boleh masuk/berlabuh di Karimunjawa. Tetapi pada prakteknya kejadian tersebut masih terjadi sampai sekarang. Dan berharap ada penanganan yang serius terhadap pihak pihak yang sengaja 'mengundang' tongkang untuk masuk/berlabuh di kawasan TNKj.

Pihak Balai Taman Nasional Karimunjawa menyampaikan bahwa TNKj sedang menyusun sebuah role model pemantauan lalu lintas kapal besar di Karimunjawa, yang meliputi kegiatan pembuatan peta laut, penentuan lokasi tambat labuh kapal kapal besar untuk kepentingan darurat/berlindung dari cuaca buruk, yang di rencanakan di luar kawasan dan penggunaan sistem monitoring dengan Marine Traffic. BTNKj berharap mendapat dukungan dari berbagai pihak dan dinas instansi terkait mengingat kepentingan tersebut menyangkut tupoksi lintas sektoral. Terakhir, para pihak sepakat bahwa tidak ada lagi tongkang yang berlabuh/melintas di kawasan TNKj.

Sumber: Sutris Haryanta, SH. - KSPTN II Karimunjawa Balai Taman Nasional Karimun Jawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini