Latihan Calon Pemandu Selam Bersama Balai TN Taka Bonerate dann WWF-ID

Senin, 07 Mei 2018

Pulau Selayar, 7 Mei 2018. Peningkatan kapasitas penyelaman guna menjadi pemandu selam yang profesional sudah kali ketiga dilaksanakan dan sudah masuk tingkatan rescue yang diikuti 10 orang masyarakat terbaik dalam kawasan taman nasional. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Balai Taman Nasional Taka Bonerate dengan mitra kerjanya WWF-ID.

"Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari (7-9/05) dan dilatih oleh instruktur profesional dari WWF sendiri dengan materi yang cukup padat" ucap Martina Rahmadani (Staf WWF-ID) penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan pelatihan ini juga sebagai penguatan kelompok pariwisata berbasis masyarakat desa, meningkatkan kemampuan perwakilan anggota kelompok menjadi pemandu selam yang memenuhi standar serta mempersiapkan anggota kelompok untuk siap menerima wisatawan.

Peserta kali ini merupakan hasil seleksi dengan persyaratan merupakan anggota kelompok Masyarakat Desa Konservasi (MDK), telah mendapatkan sertifikat Advance dan telah melakukan pengisian Logg book selam minimal 20 kali penyelaman.

Bertempat di Ruang Rapat Balai TN. Taka Bonerate, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Faat Rudhianto dihadiri  Kepala SPTN I Muhammad Hasan dan Kepala SPTN II Jinato Abd. Rajab. Di hari pertama, diisi dengan materi dan di hari berikutnya praktek. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan selam anggota kelompok dan mampu memberikan pertolongan dalam kondisi darurat kepada pengunjung.

Kepala balai berpesan agar peserta serius dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini sampai selesai, menyerap ilmu dan keterampilannya, karena kelak para peserta akan menjadi pemandu selam yang profesional dalam kawasan TN. Taka Bonerate.

Dengan menyiapkan sumberdaya pelaku wisata yang mumpuni, diharapkan masyarakat ditingkat tapak sudah siap melayani para wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Taka Bonerate, termasuk memiliki Dive Center.

Sumber : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini