Lomba Mancing Sebagai Salah Satu Upaya Promosi Potensi Pantai Perengan di Taman Nasional Baluran

Senin, 07 Mei 2018

Situbondo, 7 Mei 2018. Pantai Perengan yang berada di Desa Wonorejo dan di Zona Tradisional Taman Nasional Baluran memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah potensi perikanan yang cukup melimpah yang menjadi daya tarik masyarakat, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi memancing.

Pada hari Sabtu (5/5/2018) pantai Perengan ramai oleh para peserta yang mengikuti lomba memancing. Kegiatan yang diberi judul Baluran Fishing Competition 2018 ini dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Baluran dan telaksana dengan sukses. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Balai Taman Nasional Baluran Ir. Bambang Sukendro, M.M mengatakan bahwa Baluran Fishing Competiton 2018 dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi bagi para pehobi mancing dan juga sebagai media promosi untuk memperkenallkan potensi Pantai Perengan sebagai obyek wisata baru dengan keunikan wilayah perairannya sebagai tujuan wisata.

Yang menarik lomba ini memperebutkan total hadiah sebesar 30 juta rupiah. Selain itu juga disediakan berbagai door prize yang diundi untuk semua peserta yang mengikuti kegiatan ini, dengan door prize utama sebuah sepeda gunung.

Peserta begitu antusias dari awal hingga akhir lomba terlebih pada saat dilakukan penimbangan hasil pancingan yang diperoleh peserta. Dalam penilaian, juri menghitung dan memilih pemenang berdasarkan total berat ikan yang didapat oleh peserta. Selain itu juga diberikan hadiah untuk yang mendapatkan ikan istimewa dan ikan terberat.

Di akhir acara setelah pengumuman pemenang, Sekretaris Kabupaten Situbondo menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Taman Nasional Baluran yang telah melaksanakan kegiatan ini. Hal ini sejalan dengan tujuan pengelolaan wisata Situbondo dimana tahun 2019 akan menajdi Tahun Kunjungan Wisata Kabupaten Situbondo. Beliau juga menjanjikan akan menambah bantuan rumpon-rumpon untuk dipasang di pantai perengan sebagai tempat budidaya ikan secara alami di laut.

 

Sumber : BTN Baluran

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini