Begini Ekspresi Wisatawan Mancanegara saat Pengecekan Tiket Masuk di Kawasan TN Bunaken

Senin, 07 Mei 2018

Manado, 7 Mei 2018. Berlokasi di zona pemanfaatan wisata Taman Nasional Bunaken, patroli wisata rutin digelar oleh tim gabungan dari Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah I, Balai Taman Nasional Bunaken, Polsek Bunaken, dan petugas dari Kecamatan Bunaken. Patroli wisata ini dalam rangka untuk pengendalian aktivitas wisata dan upaya  realisasi target Penerimaan negara Bukan Pajak (PNBP) melalui kegiatan pengecekan tiket masuk kawasan  TN Bunaken. Dengan adanya patroli wisata ini, diharapkan tujuan pemanfaatan jasa lingkungan dalam hal ini pemanfaatan wisata dapat tercapai yaitu kelestarian sumber daya alam, tertibnya pengunjung dalam pembayaran tarif masuk kawasan  sebagai pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Selain bertujuan pengendalian aktivitas wisata, kegiatan patroli wisata ini sekaligus wahana interaksi petugas dari Balai TN Bunaken dengan  pengunjung wisata baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Salah seorang wisatawan yang berasal dari Jerman menceritakan bahwa dia  ke Bunaken dengan anak dan temannya sedangkan istrinya berlibur di Austria. Menurut dia, taman nasional ini sangat indah, dan perlu terus dijaga kelestariannya. Sekumpulan wisatawan dari perancis juga mengisyaratkan menikmati keindahan di kawasan TN Bunaken ini saat dilakukan pengecekan tiket masuk kawasan oleh petugas, terlihat dari ekspresi mereka saat didokumentasikan oleh petugas patroli wisata.

Adanya interaksi ini diharapkan petugas dapat mensosialisasikan tentang aktivitas  wisata alam yang bertanggungjawab kepada pengunjung serta petugas juga memperoleh masukan dan feedback dari wisatawan terkait pemanfaatan wisata alam di kawasan TN Bunaken. Dengan begitu harapannya tujuan utama pemanfaatan kawasan secara lestari dapat tercapai.

 

Sumber : Adi Tri Utomo (PEH) - BTN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini