Kunjungan Gunung Palung Touring 2018 (Hari Pertama) ke Desa-desa Disambut Positif

Senin, 07 Mei 2018

Sukadana, 7 Mei 2018. Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) memulai kegiatan Gunung Palung Touring 2018 pada hari pertama (02/05/18) dengan mengunjungi desa-desa di sekitar kawasan dan mitra terkait. Kegiatan touring dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kebersamaan para staf Balai TNGP dalam membangun konservasi, mempererat silaturahmi dengan desa-desa sekitar kawasan dan para mitra serta mensosialisasikan Call Centre Balai TNGP. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 35 orang staf Balai TNGP dengan mengendarai sepeda motor diawali dengan mengunjungi Klinik ASRI yang menjadi pusat kegiatan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI). Kunjungan ke Yayasan ASRI disambut langsung oleh pendiri dan segenap pimpinan Yayasan ASRI. Kesempatan kunjungan dimanfaatkan untuk saling berkenalan antara Kepala Balai TNGP dengan Direktur Eksekutif dari Yayasan ASRI. Setelah melakukan kunjungan ke Yayasan ASRI kegiatan touring dilanjutkan dengan kunjungan ke desa-desa.

Desa yang pertama kali dikunjungi adalah Desa Sutera. Tim dari Balai TNGP diterima langsung oleh Kepala Desa Sutera Bapak Rifai. Selama kunjungan ke Desa Sutera, Camat Sukadana Bapak Syahrial ikut bergabung dalam pertemuan tersebut.  Kunjungan ke desa-desa dilanjutkan dengan mengunjungi desa-desa di Kecamatan Sukadana yang meliputi : Desa Gunung Sembilan, Desa Harapan Mulia, Desa Benawai Agung dan Desa Pangkalan Buton. Kunjungan ke desa-desa diterima langsung oleh Kepala Desa atau yang mewakili. Secara umum Bapak Camat Sukadana dan para Kepala Desa mendukung upaya-upaya pengeloaan TNGP  dan mengharapkan ada kerjasama antara pihak Desa dengan Balai TNGP sehingga manfaat keberadaan taman nasional dapat lebih dirasakan oleh masyarakat.

Mengakhiri agenda Gunung Palung Touring 2018 pada hari pertama adalah kunjungan ke Kepala Desa Sedahan Jaya sekaligus bersama-sama hadir dalam acara penutupan kuliah lapangan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura yang melaksanakan kuliah lapangan di ODTWA Lubuk Baji yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

 

Sumber : Balai TNGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini