Pembukaan Sawora, Dirjen KSDAE diundang ke Somboko

Kamis, 03 Mei 2018

Papua, 3 Mei 2018. Direktur Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wiratno, diundang ke Kampung Sombokoro, Distrik Windesi, Kabupaten Teluk Wondama, Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih untuk membuka Sawora, Senin, 30 April 2018.

Ismail Munuari, Kepala Kampung Sombokoro mengatakan, masyarakat Sombokoro sangat merindukan untuk mengambil hasil laut di lokasi tersebut yang telah ditutup selama dua tahun, dan mengharapkan kepada pemerintah daerah dapat membantu memasarkan hasil laut dari Sawora itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama, Deny Simbar mengatakan, Sawora ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, oleh karena itu kegiatan pelestarian sumber daya alam dapat terus dipertahankan.

“Sawora merupakan contoh nyata dari kearifan lokal”. Demikian yang dikatakan Bapak Wiratno dalam sambutannya pada acara pembukaan Sawora.

Sawora merupakan inisiatif dari masyarakat kampung Sombokoro untuk menutup sementara lokasi pengambilan hasil laut. Lokasi tersebut sudah ditutup sejak tahun 2015 lalu dengan maksud untuk menjaga mutu dan populasi sumber daya laut agar tetap lestari dan hasilnya dapat didistribusikan secara merata sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Sumber : BTN Teluk Cenderawasih

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini