Balai TN Bali Barat Atasi Sampah Plastik dengan Ecobrick

Senin, 30 April 2018

Jombang, 29 April 2018. Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) mengirimkan 2 (dua) orang personil untuk mengikuti Workshop Training of Trainer (ToT) pembuatan ecobricks selama 3 (tiga) hari, 27-29 April 2018, di Jombang, Jawa Timur. Pelatihan ini di pandu langsung oleh Russell Maier, pemimpin gerakan ecobricks global. Melalui ToT ini, Russell dan tim melatih calon trainer untuk memastikan gerakan ecobricks berjalan sesuai teknik dan metode yang tepat. Peserta dilatih untuk membuat ecobricks, membuat modul, dan praktek presentasi. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi secara padat dengan bahan non biologis, yakni plastik. Pembuatannya sangat sederhana dan siapapun bisa melakukannya. Walaupun begitu, perlu teknik dan prosedur yang benar untuk menjaga fungsi dan kemanfaatannya.

Sifat plastik yang sulit terurai menyebabkan zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya mencemari lingkungan dan berakibat buruk bagi kesehatan. Melalui ecobrick, sampah plastik dikunci dalam botol agar tidak mencemari lingkungan. Ecobrick yang sudah jadi bisa dimanfaatkan sebagai material bangunan, disusun menjadi meja, tempat duduk, atau sebagai bahan membuat taman dan hiasan lainnya.

Setelah mengikuti ToT, petugas mempresentasikan hasil pelatihan kepada rekan sejawat di kantor Balai TNBB dan dihadiri Kepala Balai TNBB, Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si. Dalam arahannya, beliau memberikan apresiasi atas keikutsertaan pelatihan dan meminta personil yang telah dilatih untuk menularkan ilmu dan keterampilannya kepada rekan sejawat maupun kepada masyarakat sekitar.

Dalam upaya mengatasi sampah plastik di TNBB, Kepala Balai telah menandatangani kontrak kerja dengan Dirjen KSDAE melalui Role Model pengendalian sampah plastik/anorganik. Targetnya, akhir tahun 2018 ini permasalahan sampah di TNBB selesai tertangani dengan solusi bersama melalui kolaborasi dengan para pihak.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini