Pererat Korsa Rimbawan Melalui Pertiwana V Sakawanabhakti Cabang Kapuas Hulu

Selasa, 01 Mei 2018

Embaloh Hulu, 1 Mei 2018. Pengurus Cabang Sakawanabakti Cabang Kaluas Hulu bersama jajaran Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) kembali mengadakan kegiatan Pertiwana Cabang ke V yang diselenggarakan di bumi perkemahan lapangan SMP Embaloh Hulu pada hari Jumat - Minggu, tanggal 27-29 April 2018 diikuti oleh ranting Batang Lupar, ranting Embaloh Hulu, dan Cabang Putussibau. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat jiwa Korsa Rimbawan diantara anggota sakawanabakti dari berbagai ranting yang diundang. Tercatat sebanyak 83 peserta mengikuti pertiwana ini yang terdiri dari 46 anggota putra dan 37 anggota putri.

Pertiwana V cabang Kapuas Hulu ini dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN) wilayah 1 Lanjak, Parsaoran Samosir, sebagai Pembina upacara Pembukaan Pertiwana V mewakili kepala Balai Besar Tana Bentarum selaku Kamabisaka Cabang Kapuas Hulu. Dalam sambutannya, Samosir menghimbau kepada seluruh peserta untuk berperan secara aktif dan mengembangkan potensi diri sebagai pelopor dan motivator bagi masyarakat untuk memanfaatkan alam secara lestari. Keempat komponen potensi diri yang bisa dikembangkan adalah komponen fisik, mental intelektual, spiritual dan komponen sosial emosional. “Pramuka sakawanabhakti dapat berperan sebagai salah satu agen perubahan ke arah yang lebih baik dengan mengembangkan potensi dan melaksanakan  kegiatan yang berdaya guna dan berhasil guna melalui pendidikan dan penyuluhan, hal ini sesuai dengan amanat pasal 37 Undang-Undang no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya”, jelasnya.

Senada dengan arahan Pembina Upacara Pembukaan Pertiwana V, dalam laporan pelaksanaan kegiatannya, Zainal Muttaqien selaku ketua panitia Pertiwana V Sakawanabhakti Cabang Kapuas Hulu menghimbau kepada para peserta untukdapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga berbagai materi yang disampaikan oleh para instruktur dapat diserap dan diterapkan dikehidupan mereka sehari-hari dalam menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara lestari. “anggota sakawanabhakti merupakan agent of change (agen perubahan) dan diharapkan mampu memberikan contoh kepada masyarakat lingkungan sekitarnya dalam menjaga alam dan hutan karena hutan mempunyai banyak sekali fungsi terutama sebagai penyangga kehidupan. Jika alamnya rusak maka tentu saja berpengaruh kepada kita semua”, tambahnya.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam pertiwana V ini, diantaranya adalah Rally wanagiri, penanaman pohon, bakti masyarakat berupa pembersihan lingkungan dan tempat ibadah, pemberian materi pendidikan lingkungan, serta berbagai perlombaan antar sangga yang bertujuan untuk memupuk jiwa korsa rimbawan dan jiwa berkompetisi secara positif. Dari berbagai lomba, perwakilan dari Cabang Kapuas Hulu unggul dalam lomba Main Camp dan Sangga Terbaik. Sedangkan perwakilan dari ranting Batang Lupar unggul dalam Pentas Seni. Perwakilan Ranting Embaloh Hulu unggul dalam lomba Rally Wanagiri. Keluar sebagai Juara Umum adalah Perwakilan dari Cabang Kapuas Hulu.

Sumber : BBTN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini