Bakti Balai TN Sebangau Kepada Masyarakat Melalui Sebangau For Kids

Selasa, 01 Mei 2018

Palangka Raya,  Mei 2018. Balai Taman Nasional Sebangau melalui SPTN Wilayah I Palangka Raya di Resort Habaring Hurung telah melakukan kegiatan Rumah Pendidikan Konservasi Alam dan Ekosistem atau yang disingkat (RUDILIKA) atau yang lebih dikenal dengan Sebangau For Kids. Sebangau For Kids telah berjalan selama 5 tahun di Resort Habaring Hurung. Pada awalnya kegiatan ini bertujuan sebagai metode pendekatan kepada masyarakat daerah penyangga khususnya Kelurahan Habaring Hurung, dikarenakan lokasi tersebut rawan konflik akibat keberadaan Taman Nasional Sebangau yang belum diterima dengan baik oleh masyarakat pada saat itu. Melalui Kepala Resort Habaring Hurung yaitu Adi Saputra bersama staf resortnya Hardian Agustin, pada awalnya melakukan pendekatan dengan cara membuka pendidikan sekolah non formal untuk anak anak sekitar kawasan Resort Habaring Hurung mulai dari usia TK sampai dengan SMP setiap Hari Sabtu dan Minggu pukul 13.00 s.d 16.00 WIB. Adapun materi yang disampaikan adalah Belajar Bahasa Inggris dan materi tentang kehutanan agar anak-anak dapat mencintai hutan yang ada disekitar mereka dan menanamkan akan konservasi hutan sedari dini.

Seiring berjalannya waktu program ini dapat diterima dengan baik oleh anak-anak dan orang tua anak. Hal ini dapat dilihat dari antusias kedatangan mereka pada hari Sabtu dan Minggu. Masyarakat khususnya orang tua murid mendukung program ini dan menerima  dengan baik keberadaan Resort Habaring Hurung yang sampai dengan saat ini hubungan kedekatan antara Balai Taman Nasional Sebangau dengan orang tua anak menjadi lebih erat dan peduli. Orang tua anak menganggap program ini berhasil karena anak-anak mereka pada saat weekend tetap dapat belajar meskipun bukan disekolah formal.

Jum’at, 27 April yang lalu, saya berkesempatan ikut berbagi ilmu dengan siswa-siswi di Resort Habaring Hurung, bersama Kepala SPTN Wilayah I, Kepala resort Habaring Hurung dan beberapa staf SPTN Wilayah I. Kedatangan kami disambut antusias oleh anak-anak dengan jumlah hadir mencapai 40 orang,  materi yang kami disampaikan mengenai gambaran umum TN Sebangau dan manfaat pentingnya hutan bagii kehidupan.

 

Sumber : Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini