Brigdalkarhut TaNa Bentarum Padamkan Kebakaran Bangunan di Semitau

Selasa, 01 Mei 2018

Putussibau, 1 Mei 2018. Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan atau disingkat Brigdalkarhut Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mempunyai tugas fungsi pokok pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Selain melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, Brigdalkarhut TNBKDS ini melakukan pemadaman kota maupaun evakuasi penyelamatan di bidang kebakaran, salah satunya  melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di bangunan/ruko bengkel motor rajawali dan toko bangunan yang berada di Pasar Semitau Kecamatan Semitau pada hari Selasa tanggal 1 Mei 2018.

Menurut Kepala Brigdalkarhut Ade Arief, pemadaman kebakaran diawali dengan adanya laporan dari salah satu warga Semitau pada pukul 00.45 wib kepada petugas piket posko Brigdalkarhut yang melaporkan bahwa telah terjadi kebakaran di bengkel motor rajawali yang berada di Pasar Semitau. Berdasarkan laporan tersebut, petugas segera mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan kebakaran tersebut dan 2 orang petugas melakukan size up.

Pemadaman kebakaran tersebut dilakukan dengan menggunakan 2 mesin yaitu 1 mesin Vanguard dengan strategi pemadaman pola 2 dan 1 mesin robin dengan strategi pola 1. Pemadaman ini dilakukan dalam rangka meminimalisir agar api tidak merambat luas ke bangunan lainnya serta meminimalisir dampak kerugian.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 3.20 wib dan selanjutnya dilakukan size up. Secara keseluruhan api berhasil dipadamkan pada pukul 06.20 wib. menurut Komandan Regu 3 Edi Kurniadi, bahwa kebakaran diawali dari ruko bengkel motor rajawali yang kemudian merambat ke toko bangunan yang ada di sebelahnya. Untuk penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak Polsek Semitau.

Kesiapsiagaan dan besarnya rasa peduli serta semangat pantang menyerah yang tertanam dalam Manggala Agni Brigdalkarhut Balai Besar TaNa Bentarum menjadi hal penting dalam keberhasilan pemadaman. Hal ini sesuai dengan slogan dari Manggala Agni Brigdalkarhut TaNa Bentarum yaitu Pantang Pulang Sebelum Padam.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini