Bali Barat Belajar Pengelolaan Ekowisata di Bromo Tengger Semeru

Minggu, 29 April 2018

Probolinggo, 25 April 2018. 33 orang pegawai Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berangkat ke Gunung Bromo di Probolingo untuk mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas SDM pengelolaan ekowisata. Rombongan dipimpin langsung Kepala SPTN Wilayah I Jembrana, Ali Purwanto, S.Hut, M.Sc. Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata di bawah pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini dipilih karena merupakan lokasi wisata yang terkenal dan pengelolaannya melibatkan masyarakat sebagai penyedia jasa. Selain itu, Bromo adalah kawasan konservasi sebagai penyumbang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar di Indonesia.

Pukul 13.00 WIB rombongan tiba di Cemorolawang, pintu masuk menuju objek wisata Gunung Bromo. Walaupun matahari terik, hawa dingin terasa menusuk tulang. Maklum saja, lokasi ini memiliki ketinggian hampir 2000 mdpl. Dalam suasana akrab, rombongan di sambut Kepala SPTN Wilayah I Cemoro Lawang, Sarmin, di visitor center. Ali Purwanto, selaku ketua rombongan, menyampaikan maksud dari kedatangannya bersama tim yaitu dalam rangka pembelajaran terkait pengelolaan wisata berbasis masyarakat. Suasana berjalan hangat ditengah suhu udara yang dingin. Dalam kesempatan ini, Kepala Resort Tengger Laut Pasir, Subur, juga memberikan sambutan. Subur mengucapkan terimakasih atas kunjungan rekan-rekan TNBB. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman dalam pengelolaan ekowisata berbasis masyarakat.

Di Objek Wisata Gunung Bromo, BBTNBTS, pengelolaan wisata ikut melibatkan kelompok masyarakat seperti pengelola jeep, jasa sewa kuda, kios cenderamata, homestay, dan warung makan. Mereka tergabung dalam wadah koperasi. Anggota rombongan dari TNBB mendengarkan paparan pengelolaan wisata yang melibatkan masyarakat dengan seksama. Harapannya, praktek pengelolaan wisata tersebut bisa di adopsi di TNBB. Khususnya untuk pengembangan dan pengelolaan ekowisata Jalak Bali berbasis masyarakat. Kepala Balai Besar TN Bromo Tengger semeru, John Kenedi menyempatkan untuk bertemu rombongan. Beliau berpesan supaya kita sebagai pengelola memberikan pelayanan terbaik kepada tamu/wisatawan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini