Presentasi Hasil PKL 26 Siswa SMKKN Kadipaten di Balai TN Meru Betiri

Senin, 30 April 2018

Jember, 30 April 2018. Setelah menjalani masa Praktek Kerja Lapangan  (PKL) selama 45 hari (16 Maret – 27 April 2018) di Balai Taman Nasional Meru Betiri, 26 siswa SMK Kehutanan Negeri Kadipaten mempresentasikan hasilnya. Kegiatan ini dihadiri oleh 2 (dua) guru SMKKN Kadipaten dan Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru.

Para siswa yang terbagi menjadi 4 kelompok ini, mempresentasikan hasil PKL di Balai TN Meru Betiri. Pelaksanaan PKL di 4 resort yaitu Resort Sanenrejo, Wonoasri, Rajegwesi dan Sukamade. Kegiatan yang dilakukan antara lain identifikasi tumbuhan, identifikasi potensi wisata, pengamatan objek wisata, patroli pengamanan hutan, identifikasi pal batas, pembuatan kebun bibit, pengamatan burung, inventarisasi flora dan fauna, konservasi penyu dan pengamatan satwa dengan kamera trap.

Bagi para siswa dengan PKL ini dapat merasakan pengalaman bekerja, menambah wawasan, pengetahuan, dan bisa mempraktekkan langsung ilmu yang didapatkan di sekolah. Guru SMKKN Kadipaten, Yanik Dwi Astuti menambahkan bahwa PKL ini menambah pengalaman siswa seperti kalau di sekolah belajar kamera trap dengan siswa sendiri yang berperan sebagai satwa, sedangkan di TNMB bisa menangkap gambar langsung satwa liar seperti rusa, babi hutan, dan monyet ekor panjang.

“Semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh bisa bermanfaat. Cerita yang baik bisa disebarkan, namun apabila ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan dan cukup disimpan di dalam hati saja,” Ujar Sulistrianto, Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru saat menutup acara ini.

 

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini