Malendong Bersih-Bersih Bunaken

Senin, 30 April 2018

Manado, 30 April 2018. Dalam rangka memperingati Hari Bumi, yang jatuh tanggal 22 April, Balai Taman Nasional Bunaken bersama warga masyarakat di Bunaken dan sekitarnya, para divers, untuk merawat lingkungan, dimana salah satu aktivitasnya adalah bersih laut dan pantai.

Kegiatan bersih laut dan pantai yang di pusatkan di Pulau Bunaken meliputi beberapa sektor titik selam seperti lokasi penyelaman Fukui, Alung Banua, Tawara, Celah-Celah, Likuan I,II, dan III, serta titik penyelaman Mukan Kampung dan Bunaken Timur. Adapun bagian daratan berada di Pantai Liang, Pantai kampung Bunaken dan Alung Banua. Bagi yang tidak menyelam dan mengambil sampah di daratan berperan mengangkat pada bagian atas perairan yang dimulai dari mukan kampung Bunaken.

Melalui kegiatan Malendong Bersih-Bersih Bunaken, yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018, kita bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah, Pemerintah Kota Manado - Kecamatan Bunaken Kepulauan, dan Lantamal VIII Manado, berupaya untuk membangun kesadaran dalam melestarikan  lingkungan hidup, sudah seharusnya ditanamkan mulai dari sekarang, harus berkesinambungan, dan malendong (bersama-sama) mengatasi persoalan sampah di laut. Kegiatan ini sebagai bentuk penyadaran sosial, yang ditumbuhkan melalui aksi lapangan, disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr. Farianna Prabandari.

Bertepatan kegiatan Malendong bersih-bersih Bunaken di bulan April, sekaligus memperingati Hari Kartini (21  April) kami berikan apresiasi kepada divers wanita, yang bersedia menjadi sukarelawan dalam kegiatan bersih laut dan pantai. Semoga kegiatan Malendong Bersih-Bersih Bunaken, dapat memberikan informasi tentang pelestarian dan menumbuhkan kepedulian lingkungan hidup, kepada masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Bunaken, pada Bumi yang kita sayangi, sambung Farianna.

Ibu Marly Gumalang, M.Si Kepala DLH Provinsi Sulawesi Utara, yang membawakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara, menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi, kepada semua pihak yang telah berkontribusi positif dalam mensukseskan terselenggaranya kegiatan ini. Karena Taman Nasional Bunaken memegang tiga fungsi strategis dalam konteks pembangunan daerah dan bangsa yaitu fungsi pelestarian keanekaragaman hayati pesisir dan laut, mendukung kehidupan dan penghidupan masyarakat setempat, serta untuk pengembangan pariwisata alam.

Guna mengoptimalkan manfaat positif dari ketiga manfaat tersebut, maka dibutuhkan pola pengelolaan secara terpadu dan sinergis dari segenap stakeholder terkait konteks kelestarian dan kebersihan. Namun demikian, kompleksnya dinamika yang dihadapi dilapangan, antara lain : menurunnya kuantitas dan kualitas sumber daya alam hayati serta ekosistemnya, kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, dan sinergitas kemitraan dalam pengelolaan perlu dicarikan solusi bersama untuk kesinambungan pembangunan dan kelestarian kawasan Taman Nasional Bunaken.

Disamping membantu menjaga kuantitas dan kualitas sumber daya alam hayati, serta kebersihan dan kelestarian di sekitar Taman Nasional Bunaken, diharapkan menjadi simultan positif bagi masyarakat secara luas dalam mewujudkan kesadaran masyarakat bahwa kita juga harus mencitai lingkungan, agar tercipta keselarasan karena “Torang Samua Ciptaan Tuhan”.

Untuk itu melalui kesempatan ini, saya mengajak Bapak/ Ibu sekalian, untuk mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin, karena kita tahu dengan bersama-sama, maka akan lebih mudah membersihkan sampah-sampah yang ada, sehingga bermuara pada pembangunan daerah yang baik. Jangan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda seremonial semata, akan tetapi jadikan ini sebagai pemenuhan rasa tanggung jawab kita terhadap kelestarian Taman Nasional Bunaken. Sehingga mendorong pembangunan daerah melalui sektor pariwisata, demi mendorong “Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik, dan Berkepribadian Dalam Budaya”, Ibu Marly mengakiri sambutan Gubernur Sulawesi Utara.

 

Sumber : BTN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini