Studi Banding TN Bali Barat ke TN Bromo Tengger Semeru

Jumat, 27 April 2018

Malang, 27 April 2018. Sebanyak 32 orang petugas Taman Nasional Bali Barat melaksanakan studi banding ke TN Bromo Tengger Semeru tanggal 25 - 26 April 2018. Ali selaku Kepala Seksi Wilayah III TN Bali Barat sekaligus ketua Tim Studi Banding menyampaikan, bahwa maksud Studi Banding TN Bali Barat ke TNBTS adalah ingin menimba ilmu dan share pengelaman mengenai kolaborasi pengembangan TNBTS dengan masyarakat daerah penyangga. TNBTS dipilih dalam studi banding ini karena dianggap sebagai TN yang berhasil dalam hal kolaborasi dengan masyarakat sekitar kawasan TN. Ilmu yang didapat akan coba di terapkan dan di kembangkan sesuai dengan potensi yang ada di TN Bali Barat, demikian di sampaikan Ali.

Rombongan Studi Banding TN Bali Barat diterima oleh Kepala Seksi PTN I Cemorolawang, Sarmin S.Hut di Visitor Center Cemoro Lawang Probolinggo. Dalam kesempatan Sarmin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada TN Bali Barat yang sudah menjadikan TNBTS sebagai lokasi Studi Banding. Pemilihan TNBTS sebagai lokasi studi banding bukan berarti TNBTS lebih baik dalam pengelolaan kolaborasi dengan masyarakat dibanding TN Bali Barat akan tetapi Studi banding ini disamping sebagai ajang silaturahmi sesama rimbawan juga sebagai ajang tukar pengalaman dan belajar bagi kedua TN tersebut dalam hal pengembangan daerah penyangga. Lebih lanjut sarmin mengatakan bahwa sebagai destinasi prioritas nasional tentunya keberhasilan TNBTS dalam mengelola wisata tidak terlepas dari peran dan dukungan semua pihak yang selama ini sudah terjalin, baik dengan instansi Pemerintah, swasta maupun dengan komunitas peduli lingkungan yang ada di TNBTS misalnya : Forum Sahabat Gunung, Bromo Lovera untuk wisata Bromo, Saver, dan Gimbal Alas untuk wisata Pendakian Semeru.

Potensi-potensi tersebut kita kelola dengan baik sehingga memberikan kontribusi positif bagi pengelolaan wisata TNBTS. Pengelolaan wisata TNBTS dengan dukungan stakeholders terbukti mampu memberikan kontribusi PNBP di tahun sebesar Rp. 21.998.787.714.

Setelah mendapat pemaparan dan penjelasan dilakukan peninjauan lokasi-lokasi wisata favorit di TNBTS, berdialog langsung dwngan pelaku jasa wisata dan tidak lupa mengunjungi Taman Edelweiss. 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini