Kunjungan Kepala Balai KSDA Kalbar ke PT Mitra Arowana Pontianak

Jumat, 27 April 2018

Pontianak, 27 April 2018. Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta, S.Hut., M.T., melakukan kunjungan ke PT Mitra Arowana Pontianak dalam rangka menyaksikan secara langsung proses pemanenan ikan arwana. Dalam kunjungan tersebut, Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat didampingi oleh tim wartawan,  direktur PT Mitra Arowana Pontianak, Vincent Apriyono yang sekaligus sebagai ketua Asosiasi Penangkar dan Pedagang Siluk (APPS) Kalimantan Barat serta beberapa mitra penangkar lainnya.

Perjalanan ke PT Mitra Arowana Pontianak menggunakan sarana transportasi air, speedboat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Sesampai di lokasi, Kepala Balai diarahkan ke lokasi pemijahan anakan arwana di akuarium yang berasal dari kolam pemanenan. Selanjutnya Kepala Balai menyaksikan proses pemanenan yang dilakukan oleh tenaga ahli dan dibantu oleh tim wartawan.

Kunjungan Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat kali ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut kegiatan pelepasliaran arwana jenis super red (Scleropages  formosus), di Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum beberapa waktu yang lalu, guna memastikan pertanggungjawaban para penangkar untuk kemudian merestocking dan atau melakukan pelepasliaran ke habitat aslinya, mengingat keberadaan populasi jenis arwana super red di alam sudah sangat sedikit sementara secara umum di Kalimantan Barat keberadaannya  sebagian besar berada di penangkaran.

Sumber : BKSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini