Duduk Bersama, Kerja Bersama, Raih Kemenangan Bersama

Rabu, 25 April 2018

Jayapura, 25 April 2018. Kepala Balai Besar KSDA Papua, Timbul Batubara, melakukan kunjungan kerja di Seksi KSDA Wilayah III Biak tepatnya pada hari rabu, 18 April 2018 lalu, sebelumnya beliau telah berkunjung ke Bidang Wilayah I Merauke Senin, 16 April 2018. Salah satu agenda kerja beliau antara lain mengunjungi Pos Jaga Polhut di Bandara Franskaisepo, Pembinaan Pegawai Eselon IV di Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Biak, Koordinasi dengan pegawai P3E Biak, mengunjungi lokasi bangunan rumah dinas, mengunjungi salah satu lokasi dengan potensi wisata Air Terjun di Biak, Pembinaan Aplikasi Smart Patrol kepada pegawai Seksi KSDA III Biak dan potensi wisata jelajah gua. Timbul mengatakan dengan duduk bersama masyarakat, semakin banyak pula kita mengetahui bagaimana sebenarnya keinginan masyarakat sehubungan dengan arahan Dirjen KSDAE, bahwasanya masyarakat merupakan subjek, bukan objek.

Sebagaimana arahan Direktur Jenderal KSDAE pada saat workshop di Bogor tentang pengaplikasian Resort Based Management, Desember 2017 lalu, bahwa “RBM banyak disalahpahami, 2010 mulai wokshop RBM di CICO-PILI, Pak Gunung hadir juga saat itu, RBM adalah cara kita menguasai lapangan, bukan tujuan tapi alat kita, solusi ada di lapangan. Kita sedang mencari teori dan praktik cara mengurus hutan di Indonesia. Harus kita ubah caranya karena pilar sosial kita lupakan. Pilar ekologi dan ekonomi bagus bisa digunakan juga. Contoh di Tangkahan, TN Gunung Leuser. Penjagaan hutan yang dilakukan oleh desa di tepi kawasan dan mendapat manfaat dari cara menjaga tersebut”, jelas Wiratno. 

Kepala Balai Besar KSDA Papua mengemban tugas mulia dengan mengabdi di tanah Papua. Pertengahan tahun 2017 lalu, beliau memulai tugasnya sebagai Kepala Balai Besar KSDA Papua tidak dengan tangan kosong. Beliau menginginkan Papua untuk ikut maju sebagaimana Provinsi lain di Indonesia. Dalam hal ini beliau mengarahkan bahwa dengan lebh sering mengunjungi masyarakat di sekitar kawasan konservasi, kita dapat dengan mudah pula memperoleh data dan informasi dalam penyelesaian tiap masalah yang ada. Dengan demikian, beliau (Kepala Balai Besar) menjalankan tugasnya dengan cara lebih sering mengunjungi wilayah kerjanya, antara lain di seksi KSDA wilayah. Jadi mari duduk bersama, kerja bersama untuk meraih kemenangan bersama.   

Sumber : Ir. Timbul Batubara., M.Si. dan Kurnianingsih, A.Md - Polhut Pelaksana Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini